//riau1.com/

#pekanbaru

Jadwalkan Bertemu Gubri, Asosiasi Damkar Riau Dorong Pemda Bentuk OPD Damkar Secara Mandiri

R1/put


Jadwalkan Bertemu Gubri, Asosiasi Damkar Riau Dorong Pemda Bentuk OPD Damkar Secara Mandiri Jadwalkan Bertemu Gubri, Asosiasi Damkar Riau Dorong Pemda Bentuk OPD Damkar Secara Mandiri

RIAU1.COM - Asosiasi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten/Kota di Provinsi Riau mendorong agar pemadam kebakaran dan penyelamatan memiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mandiri. Sejumlah daerah di Riau belum punya OPD pemadam kebakaran dan penyelamatan yang mandiri.

Daerah tersebut di antaranya yakni Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kuansing, Kabupaten Rohil, Kabupaten Rohul, Kabupaten Pelalawan dan Kota Dumai. Ada juga rencana pembentukan

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi Riau. Mereka berencana menemui Gubernur Riau, Syamsuar terkait rencana pembentukan OPD pemadam kebakaran dan penyelamatan yang mandiri di seluruh daerah.

Baca Juga: Cabai Merah Bukittinggi Rp52.000 per Kg di Pekanbaru Hari Ini, Cabai Hijau Turun Jadi Rp28.000

"Kita segera jadwalkan pertemuan dengan gubri terkait pembentukan instansi

pemadam kebakaran dan penyelamatan yang mandiri," jelas Ketua Asosiasi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, Burhan Gurning kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Menurutnya, poin tersebut adalah kesimpulan usai melakukan pembahasan bersama perwakilan seluruh OPD yang menangani pemadaman kebakaran di kabupaten/kota. Ia menyebut para perwakilan dari sejumlah daerah mengapresiasi rencana tersebut.

Mereka juga sepakat membentuk Asosiasi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Burhan yang merupakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru menjadi ketua asosiasi tersebut.

Baca Juga: PLN Pekanbaru Benahi Layanan Aduan Pelanggan

Burhan menyebut bahwa pemadam kebakaran dan penyelamatan harus menjadi OPD yang mandiri. Ia menilai 

pemadam kebakaran dan penyelamatan menjadi OPD mandiri karena memberi pelayanan dasar seperti dinas kesehatan dan dinas pendidikan.

"Maka kita berharap nantinya OPD damkar bisa mandiri, itu harapan kita. Kita audiensi dengan gubernur membahas hal ini," katanya.

Burhan mengatakan bahwa tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan di sejumlah daerah masih terkendala. Satu kendalanya minimnya personel dan kewenangan dari tim pemadam kebakaran dan penyelamatan.

"Kita berupaya agar di daerah nantinya pemadam kebakaran dan penyelamatan menjadi OPD tipe C," pungkasnya





Loading...
loading...