436 Calon Tenaga Kontrak Penanggulangan Covid-19 Pemko Pekanbaru Ujian Seleksi Virtual Hari Ini

436 Calon Tenaga Kontrak Penanggulangan Covid-19 Pemko Pekanbaru Ujian Seleksi Virtual Hari Ini

30 September 2020
Plh Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

Plh Kepala Dinkes Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sebanyak 436 calon tenaga kontrak untuk penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menjalani ujian seleksi secara virtual hari ini. Dari 436 orang ini, tenaga kontrak yang akan diterima hanya 185 orang.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy, Rabu (30/9/2020), mengatakan, sebanyak 436 calon tenaga kontrak menjalani ujian seleksi hari ini. Ujian seleksi digelar virtual.

"Jadi, peserta ujian melalui aplikasi Zoom Meeting. Ada dua sesi hari ini yaitu pukul 10.30-11.30 WIB dan pukul 13.00-14.00 WIB," ungkapnya.

"Mereka yang ikut adalah dokter, apoteker, asisten apoteker, perawat, radiografer, nutrisionis, petugas laundry, petugas kebersihan, sopir ambulans, dan tenaga administrasi," urai Dokter Bob, sapaan akrabnya.

Meski ujian secara virtual, para peserta ujian wajib mengenakan kemeja putih polos dan tidak bercorak. Bagi wanita berjilbab bisa menggunakan jilbab hitam polos. Kartu identitas diri harus ditunjukkan. Jika tak ada yang lengkap, maka peserta gugur.

"Hasil ujian nantinya diumumkan pada hari yang sama. Pengumuman bisa diakses di
https://pekanbaru.go.id atau http://diskes.pekanbaru.go.id," ungkap Dokter Bob.

Diberitakan sebelumnya, Dinkes Kota Pekanbaru membuka lowongan bagi 185 orang tenaga profesional. Pasalnya, Pemko Pekanbaru kekurangan tenaga medis akibat melonjaknya pasien positif corona secara siginifikan.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Sabtu (12/9/2020), mengatakan, ia berencana membeli laboratorium bergerak (mobile) untuk swab test warga. Setelah laboratorium itu ada, maka tenaga tambahan dibutuhkan. 

"Kami akan menambah tenaga kontrak untuk penanganan Covid-19. Kami membutuhkan tenaga tambahan mulai dari dokter spesialis, dokter umum, analis, perawat, tim sosialisasi dan edukasi," ungkapnya.

Sementara itu, Dinkes Pekanbaru sudah menerbitkan pengumuman soal perekrutan tenaga tambahan dalam penanggulangan kasus Covid-19. Surat ini ditetapkan pada 11 September oleh Pelaksanan Harian (Plh) Kepala Dinkes Dokter Zaini Rizaldy.

Para tenaga profesional yang akan direkrut yaitu dokter umum 13 orang. Perawat lulusan Strata (S1) sebanyak 20 orang dan D3 sebanyak 45 orang. 

Apoteker 1 orang. Asisten Apoteker 7 orang. 

S1 Kesehatan Masyarakat untuk epidemiologi 2 orang. Promosi kesehatan 2 orang.

Analis Laboratorium 23 orang. Radiografer 4 orang.

Nutrisionis 3 orang. Petugas laundri 5 orang.

Petugas Central Sterile Supply Department (CSSD) atau Instalasi Pusat Pelayanan Sterilisasi 3 orang. Petugas kebersihan 30 orang. 

Petugas keamanan 8 orang. Sopir ambulans 4 orang.

Teknisi bangunan 2 orang. Teknisi genset 1 orang. 

Teknisi listrik 2 orang. Tenaga administrasi 10 orang. Total tenaga profesional yang dibutuhkan sebanyak 185 orang.

Masa kontrak tenaga profesional penanggulangan Covid-19 terhitung mulai Oktober hingga Desember 2020 dan dapat diperpanjang. Para tenaga profesional ini ditempatkan di fasilitas kesehatan di lingkungan Dinkes Pekanbaru. Penandatanganan kontrak kerja dilakukan 1 Oktober 2020.