Orangtua Minta Anaknya Harus Sekolah, Wali Kota Pekanbaru: Kami Akan Mengkaji Lagi Lebih Matang

Orangtua Minta Anaknya Harus Sekolah, Wali Kota Pekanbaru: Kami Akan Mengkaji Lagi Lebih Matang

15 Juli 2020
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Para orangtua dan wali murid mulai gelisah dengan kebijakan pemerintah yang tetap melarang kegiatan belajar mengajar di sekolah saat pandemi corona. Namun, Pemko Pekanbaru masih mempertimbangkan dan mengkaji lebih matang agar anak-anak bisa belajar di tahun ajaran baru ini.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Rabu (15/7/2020), mengungkapkan, ia sudah berdiskusi dengan pihak Kantor Kementerian Agama Pekanbaru dan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Disampaikan, ada kelurahan dari orangtua dan wali murid yang meminta anaknya sekolah kembali sejak diliburkan awal Maret lalu. 

"Kami akan mengkaji lagi lebih matang. Kami tetap berpedoman pada surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional," katanya.

Di samping itu, keinginan masyarakat dan sekolah-sekolah yang dikelola swasta juga perlu direspon. Keinginan pihak swasta harus ada proses belajar mengajar dengan tatap muka.

"Kalau tidak ada tatap muka, sekolah mereka juga terancam," ucap Firdaus.

Kalau keluhan dari para orangtua, anak terlalu lama di rumah. Hal itu akan menimbulkan efek negatif. 

"Apalagi anak usia SMP. Mereka tidak bisa terlalu lama dikekang di rumah. Akibatnya, anak usia SMP mencari aktivitas lain," sebut Firdaus.

Kemudian, infrastruktur belajar daring juga tak memadai. Sinyal internet juga tak bagus di kawasan pinggiran.