//riau1.com/

#pekanbaru

Sempat Dikunjungi Pasien Positif Corona, Dinkes Pekanbaru Swab 20 Pegawai Disdukcapil Besok

R1/surya


Para pekerja sedang memasang spanduk pemberitahuan penutupan Kantor Disdukcapil Pekanbaru, Minggu (5/7/2020). Foto: Surya/Riau1. Para pekerja sedang memasang spanduk pemberitahuan penutupan Kantor Disdukcapil Pekanbaru, Minggu (5/7/2020). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Tuan AP (23), karyawan Toko Sport Center di Mal Pekanbaru, sempat mengurus administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru saat masa isolasi. Akibatnya, sekitar 20 pegawai Disdukcapil yang berkontak dengan AP harus mengikuti pemeriksaan swab, Senin (6/7/2020).

Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru Dokter Mulyadi, Minggu (5/7/2020), mengatakan, pelayanan di Disdukcapil dihentikan sementara sampai menunggu hasil pemeriksaan swab terhadap para pegawai. Kalau hasil swab negatif, maka Disdukcapil dapat kembali beroperasi seperti biasa. 

"Pemeriksaan swab dilakukan besok, terutama yang berkontak erat dengan Tuan AP (23), karyawan swasta itu. Para pegawai yang bertugas di Disdukcapil yang akan menjalani pemeriksaan swab sekitar 20 orang," ujarnya.

Para pegawai itu yang akan diperiksa swab mulai dari petugas yang berjaga di pintu masuk hingga petugas di bagian pelayanan. Petugas pelayanan yang dimaksud yaitu berkontak erat atau berkontak erat dengan Tuan AP saat pelayanan.

"Lokasi pemeriksaan swab belum ditentukan. Kemungkinan, pemeriksaan swab di Kantor Disdukcapil," ucap Dokter Mulyadi.

www.jualbuy.com

Baca Jugaa: Diperkuat dengan Inpres Nomor 6 Tahun 2020, Pemko Pekanbaru Makin Giat Razia Warga Tak Pakai Masker

Pada Sabtu (4/7/2020), seluruh pegawai Disdukcapil Pekanbaru telah melakukan rapid test di Rumah Sakit Hermina. Jumlah pegawai Disdukcapil yang melakukan rapid test di Rumah Sakit Hermina tidak tahu pasti. 

"Hasilnya, satu reaktif," ungkap Dokter Mulyadi.

Pantauan Riau1.com, para pekerja memasang spanduk di Kantor Disdukcapil, Minggu petang. Dalam spanduk itu diumumkan bahwa pelayanan di Disdukcapil ditutup untuk sterilisasi tempat dan personel dari virus corona mulai tanggal 6 Juli hingga 8 Juli. Pelayanan UPTD Dukcapil di kecamatan tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru Firdaus memerintahkan penutupan kantor Disdukcapil. Pasalnya, ada pasien positif corona yang sempat mengurus administrasi kependudukan.

Baca Juga: Klaster BRI Pekanbaru Mereda Hari Ini, Hanya 2 Orang yang Positif Corona

Menurut pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekanbaru, pasien tersebut adalah Tuan AP, pasien positif corona yang diumumkan pada Jumat (3/7/2020). Ia berkunjung ke Disdukcapil pada Kamis (2/7/2020). 

Saat itu, AP masih dalam masa isolasi karena hasil swab belum diperoleh Dinkes. AP melakukan pemeriksaan swab di Pasar Sukaramai pada 26 Juni lalu. 

Ia berkontak erat dengan rekan kerjanya di Sport Center Mal Pekanbaru yaitu Tuan FO (23) dari klaster Palembang, warga Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai. Tuan FO merupakan keluarga Tuan NC, warga Pekanbaru yang pulang dari Palembang pertengahan Juni lalu. 

Tuan FO diumumkan positif corona pada 22 Juni. FO sudah dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit pada 28 Juni lalu.





Loading...
loading...