PSBB Berakhir Hari Ini, Warga Pekanbaru Jalani Masa New Normal Mulai Besok

PSBB Berakhir Hari Ini, Warga Pekanbaru Jalani Masa New Normal Mulai Besok

28 Mei 2020
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Enam daerah di Riau, termasuk Kota Pekanbaru, sepakat menghentikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kamis (28/5/2020). Enam kabupaten dan kota ini segera menerapkan New Normal atau tatanan kehidupan baru.

“Kami sepakat bersama lima daerah lainnya di Riau untuk tidak lagi meneruskan PSBB. Sehingga, PSBB yang berakhir hari ini," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai rapat evaluasi PSBB di ruang rapat Mal Pelayanan Publik (MPP).

Namun, Pemko Pekanbaru masih menunggu regulasi dari kementerian. Regulasi itu terkait mengenai aktivitas sekolah, aktivitas perkantoran bagi aparatur sipil negara, dan aktivitas di rumah ibadah.

“Mengenai bekerja di rumah bergeser kembali ke kantor, kami menunggu aturan dari Menpan-RB bagi ASN. Beribadah di rumah bergeser kembali ke masjid dan rumah ibadah, kami juga menunggu regulasi dari Kementrian Agama,” sebut Firdaus.

Sekali lagi, saat ini Pemerintah Kota Pekanbaru masih dalam tahap mempersiapkan New Normal. Maka, regulasi-regulasi terpisah yang akan diterbitkan kementerian teknis dirangkum dalam Peraturan Wali Kota (Perwako).

Untuk diketahui, enam kabupaten dan kota menerapkan PSBB tingkat Provinsi Riau sejak 15 Mei lalu. PSBB itu berakhir hari ini. Enam kabupaten dan kota yang telah menjalani PSBB adalah Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai.