2 Warga Pekanbaru Status PDP Meninggal Dunia Sejak 3 Hari Lalu, Pasien Positif Corona Nihil

2 Warga Pekanbaru Status PDP Meninggal Dunia Sejak 3 Hari Lalu, Pasien Positif Corona Nihil

25 Mei 2020
Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru Dokter Mulyadi. Foto: Surya/Riau1.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru Dokter Mulyadi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dua orang pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal dunia dalam tiga hari terakhir. Sementara itu, pasien positif corona tetap nihil seperti hari sebelumnya.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru Dokter Mulyadi, Senin (25/5/2020), mengungkapkan data terbaru. Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 4 orang hari ini. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 2 orang.

"Ada dua PDP meninggal dunia hari ini," ujarnya.

PDP meninggal dunia pertama adalah Tuan SM (51), warga Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan. Pasien masuk rumah sakit pada 22 Mei lalu, pukul 00.30 WIB.

"Saat di rumah sakit, pasien mengalami sesak nafas hebat. Pasien juga mengalami sakit kepala dan batuk," ungkap Dokter Mulyadi.

Proses swab (pengambilan sampel lendir pada saluran pernafasan) sudah dilakukan). Pasien meninggal dunia hari itu juga sekitar pukul 05.30 WIB.

Pasien meninggal dunia kedua yaitu Tuan IS (35), warga Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya. Pasien masuk rumah sakit pada 23 Mei lalu.

"Pasien mengalami penurunan kesadaran," ucap Dokter Mulyadi.

Proses swab pasien sudah dilakukan. Pasien meninggal dunia pada 25 Mei sekitar pukul 05.20 WIB.

"Pasien positif corona nihil hari ini," sebut Dokter Mulyadi.

Dengan begitu, perkembangan kasus sejak 3 Maret lalu di Pekanbaru yaitu total kasus positif 40 orang. Rinciannya, 31 orang sembuh dan pulang. Sebanyak 5 masih dirawat dan 4 meninggal dunia.

Sementara itu, total kasus PDP 507 orang. Sebanyak 398 orang sembuh dan pulang. Sebanyak 50 masih dirawat dan 59 meninggal dunia.

"Hasil swab 56 PDP yang meninggal dunia sudah kami terima. Seluruhnya negatif corona. Jadi, kami belum menerima hasil swab tiga orang lagi," jelas Dokter Mulyadi.

Perlu diketahui, PDP yang meninggal dunia belum tentu positif corona. PDP yang meninggal dunia karena ada penyakit lain.

Sementara itu, total kasus ODP 5.132 orang. Rinciannya, 4.383 orang selesai pemantauan dan 749 orang masih dalam pemantauan. 

Hasil pemeriksaan rapid test untuk ODP 2.036 orang. Rinciannya, 2.015 orang non reaktif dan 21 reaktif.