Koperasi Pemko Pekanbaru dan Baznas Siap Suplai Logistik Saat Penerapan PSBB Antisipasi Corona

Koperasi Pemko Pekanbaru dan Baznas Siap Suplai Logistik Saat Penerapan PSBB Antisipasi Corona

4 April 2020
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Koperasi yang dikelola Pemko Pekanbaru dan Badan Zakat Nasional (Baznas) Pekanbaru akan menyediakan logistik bila Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Sedangkan bantuan lain boleh diberikan aparatur sipil negara (ASN) jika punya kemampuan lebih.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Sabtu (4/4/2020), mengatakan, ia tidak akan meniru kebijakan pemerintah daerah lain yang memotong gaji para ASN untuk bantuan saat penerapan PSBB nanti. Pasalnya, soal mendonasikan gaji tergantung itu kesadaran ASN.

Hal-hal seperti ini tidak perlu diperintah oleh wali kota. Bagi ASN yang punya kemampuan lebih dipersilakan untuk berbagi.

"Saya telah memerintahkan kepala koperasi ASN Pemko Pekanbaru untuk berpartisipasi menyediakan logistik. Jadi, kami tidak secara langsung memotong gaji ASN, tetapi melalui koperasi menyediakan sumbangan untuk logistik," ungkap Firdaus.

Tak hanya koperasi, Baznas Kota Pekanbaru juga akan menyumbangkan dana cadangan sebesar Rp2 miliar. Dana itu dicadangkan bilamana dibutuhkan untuk membeli pangan saat merumahkan warga Pekanbaru diterapkan.

"Ketua Baznas telah menyampaikan bahwa ada dana sekitar Rp2 miliar," ucap Firdaus.