Wali Kota Pekanbaru Minta Warga Tetap di Rumah Selama Wabah Corona Melanda

Wali Kota Pekanbaru Minta Warga Tetap di Rumah Selama Wabah Corona Melanda

31 Maret 2020
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Warga Pekanbaru masih banyak yang berkeliaran di luar rumah untuk hal-hal yang tak penting. Padahal, wabah corona virus disease 2019 (covid-19) atau virus corona yang melanda Pekanbaru merupakan penyakit berbahaya.

"Masih banyak masyarakat kita yang belum paham betapa berbahayanya covid-19. Sehingga, masih ada rumah ibadah seperti masjid dan musala melaksanakan salat Jumat dan salat lima waktu dengan bermacam-macam dalih," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Selasa (31/3/2020).

Warga Pekanbaru diminta agar tetap bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Selamatkan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat di sekitar.

"Bantu pemerintah dengan cara tetap di rumah. Tetap di rumah sudah menyelamatkan nyawa sendiri, nyawa anak cucu, dan juga nyawa masyarakat di sekitarnya," ucap Firdaus.

Berada di tempat umum yang tidak punya kepentingan dan hanya bersenang-senang saja, itu artinya sama dengan bunuh diri dan membunuh orang lain. Kapolda Riau mengatakan, supremasi hukum tertinggi adalah menyelamatkan dan melindungi nyawa seseorang. Perilaku orang yang masih berkeliaran di tempat umum dengan tujuan yang tidak jelas, hanya untuk bersenang-senang mengancam nyawanya dan orang lain. 

"Maka perilaku yang seperti ini bisa dikenakan tuntutan hukum," tegas Firdaus.