Utamakan Kesejahteraan Mitra, Gojek Tanggapi Aksi Driver di Pekanbaru, Termasuk Soal Isu Pembagian Orderan

Utamakan Kesejahteraan Mitra, Gojek Tanggapi Aksi Driver di Pekanbaru, Termasuk Soal Isu Pembagian Orderan

11 Februari 2020
Para mitra driver saat menggelar aksi di Kantor GoJek Pekanbaru, Selasa siang

Para mitra driver saat menggelar aksi di Kantor GoJek Pekanbaru, Selasa siang

RIAU1.COM - Head of Regional Corporate Affairs Gojek, Dian Lumban Toruan memberikan tanggapan menyusul aksi para mitra driver di Kantor Gojek Pekanbaru, Riau pada Selasa 11 Februari 2020 siang. Ia menyampaikan, Gojek fokus dalam memastikan kesejahteraan bagi mitra driver tidak hanya terbatas pada tarif dan insentif.

Melalui pesan tertulisnya, Dian selaku perwakilan Gojek menyayangkan aksi demo yang dilakukan sejumlah mitra ke kantor Gojek di Pekanbaru, karena Gojek selalu terbuka untuk mendengarkan aspirasi mitra driver yang disampaikan demi kebaikan bersama, serta disampaikan melalui wadah-wadah komunikasi yang tersedia, di mana salah satu wadah komunikasi yang dilaksanakan secara rutin di seluruh area operasional Gojek adalah Kopdar Mitra Gojek.

Melalui kopdar, mitra dapat menyampaikan aspirasi, berbagi pengalaman dan memberi masukan sekaligus berinteraksi dengan sesama mitra dan manajemen. Sehingga tanpa aksi pun seluruh aspirasi mitra dapat disampaikan. 

Walaupun aksi tersebut belum mendapatkan izin pihak yang berwenang, namun dengan semangat kekeluargaan, pihak Gojek telah menemui 6 orang perwakilan aksi dan membahas poin-poin yang disampaikan, termasuk tentang asumsi adanya sistem baru terkait order. 

"Kami tegaskan bahwa isu tentang sistem pembagian order berdasarkan durasi waktu 60 menit tidak benar. Gojek tidak menerapkan sistem seperti itu karena artinya akan mempersulit mitra mendapatkan order dan pelanggan dalam mendapatkan layanan," katanya.

Sistem yang dapat mengakibatkan hilangnya peluang pendapatan bagi para mitra driver yang tentunya sangat ingin Gojek hindari, karena sejak awal inovasi Gojek dibangun dengan visi agar mitra driver terus mendapatkan sumber penghasilan yang berkelanjutan, serta para konsumen terus dapat menikmati layanan aman, nyaman dan berkualitas.

"Perlu kami sampaikan juga, fokus kami dalam memastikan kesejahteraan bagi mitra driver tidak hanya terbatas pada tarif dan insentif. Salah satu bentuk perwujudan aspirasi mitra adalah diluncurkannya berbagai program kesejahteraan mitra yang terdapat dalam Gojek Swadaya. Mitra Gojek kami di seluruh nusantara dapat membeli paket data dengan harga hemat, mengikuti program asuransi, cicilan rumah, potongan harga di berbagai pojok Swadaya dan berbagai program lainnya," yakin Dian.

Dalam pesan tertulisnya juga, Dian mengoreksi bahwa jumlah massa yang menggelar aksi di kantor Gojek Pekanbaru Selasa siang tadi tidak mencapai ribuan seperti pada pemberitaan sebelumnya, melainkan sekitar 200 orang.