Virus Corona Mewabah di Cina, Dinkes Pekanbaru Terbitkan Surat Edaran ke Seluruh Puskesmas

Virus Corona Mewabah di Cina, Dinkes Pekanbaru Terbitkan Surat Edaran ke Seluruh Puskesmas

28 Januari 2020
Petugas medis membawa pasien di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Foto: STR/AFP.

Petugas medis membawa pasien di Wuhan di Provinsi Hubei, China. Foto: STR/AFP.

RIAU1.COM -Virus Corona sedang mewabah di negara Cina. Namun, penderita penyakit ini ditemukan di beberapa beberapa negara di Asia Tenggara.

Guna mengantisipasi penularan penyakit ini, maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, Riau, telah menerbitkan surat edaran ke seluruh puskesmas. Agar, petugas medis mengenali gejala-gejala penyakit tersebut saat pasien datang berobat.

"Kami sudah mengeluarkan surat edaran ke seluruh puskesmas untuk mewaspadai virus Corona. Virus itu berasal dari hewan yang ditularkan kepada manusia," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pekanbaru Maisel Fidayesi, Selasa (28/1/2020).

Kini, virus Corona sedang mewabah di Cina. Penderita virus ini mengalami demam, batuk kering, lemas, dan sesak nafas.

"Virus itu dapat menyerang siapa saja. Tapi, penyakit ini sangat rentan bagi anak-anak dan orang lanjut usia," jelas Maisel.

Warga Pekanbaru diminta mengenali gejala penyakit ini. Jika ditemukan, warga diminta segera memeriksakan diri ke puskesmas.

Loading...

"Penyakit ini dapat kita antisipasi dengan menjaga kebersihan. Selalu mencuci tangan sebelum makan dan sehabis buang air besar, serta menghindari kontak fisik dengan orang yang terinfeksi," saran Maisel.

Jika makan daging, masakan harus matang. Di samping itu, telur jangan dimakan dalam kondisi masih mentah.

Karena virus Corona dari hewan. Hewan yang dimakan bisa saja membawa virus itu.

"Hingga saat ini, di Indonesia belum ada yang terdampak virus mematikan tersebut. Meski begitu, kami tetap berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan) dalam mendeteksi virus berbahaya itu," ungkap Maisel.