6 Nama Calon Kepala OPD Sudah Dikirimkan Wali Kota Pekanbaru ke KASN, Dilantik Setelah Natal

6 Nama Calon Kepala OPD Sudah Dikirimkan Wali Kota Pekanbaru ke KASN, Dilantik Setelah Natal

2 Desember 2019
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Enam nama calon kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Pekanbaru telah dikirimkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Enam calon kepala OPD ini akan dilantik di akhir Desember 2019. 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Minggu (1/12/2019), mengungkapkan, ada 27 nama calon kepala OPD yang mengikuti seleksi kompetensi dan wawancara. Dari jumlah itu, ada 18 nama yang dinyatakan lolos seleksi oleh panitia seleksi (pansel). 

"Saya sudah memilih enam calon kepala OPD untuk diusulkan ke KASN. Setelah disetujui KASN, saya akan melantik mereka setelah para pejabat OPD yang lama menuntaskan anggaran tahun ini," jelasnya.

Sebenarnya, ada tujuh calon kepala OPD akan dipilih. Namun, hanya enam jabatan kepala OPD yang terpenuhi.

"Ada satu jabatan kepala OPD yang tidak memenuhi kriteria oleh para calon. Jabatan itu adalah kepala Dinas Kesehatan," ungkapnya.

Jabatan kepala Dinas Kesehatan akan diseleksi ulang. Namun, waktunya belum dapat ditentukan.

Untuk diketahui, tujuh jabatan kepala OPD yang sedang direbutkan antara lain, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM), Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang).