Pemko Pekanbaru Buka Lowongan CPNS Guru, Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis Bagi Penyandang Disabilitas

Pemko Pekanbaru Buka Lowongan CPNS Guru, Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis Bagi Penyandang Disabilitas

13 November 2019
Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi. Foto: Surya/Riau1.

Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi penyandang difabel. Formasi yang disediakan bagi adalah guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi, Rabu (13/11/2019), mengatakan, selain formasi biasa, pihaknya juga membuka formasi khusus bagi penyandang disabilitas. Formasi khusus itu hanya untuk lowongan CPNS guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

"Perlu kami rinci, penyandang disabilitas yang akan diterima yaitu tuna daksa (catat fisik sejak lahir seperti bibir sumbing, tidak memiliki kaki atau tangan). Mereka wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah," jelas Masykur.

Dalam surat keterangan dokter harus dijelaskan jenis disabilitasnya. Di samping itu, calon pelamar juga harus bericara dengan baik, mendengar, dan melihat.

"Syarat lainnya, pelamar jalur khusus ini juga harus bisa menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi. Mereka juga mampu bergerak dengan alat bantu," sebut Masykur.

Pada tahun ini, Pemko Pekanbaru membuka 346 orang CPNS. Sekitar 339 CPNS dibuka untuk jalur umum. Sisanya merupakan CPNS jalur khusus.

Proses pendaftaran CPNS dibuka pada 14-28 November 2019. Selanjutnya, ujian kompetensi dasar dimulai pada Februari 2020.