Tahun Ajaran Baru, Penduduk yang Pindah ke Pekanbaru Akan Meningkat

Tahun Ajaran Baru, Penduduk yang Pindah ke Pekanbaru Akan Meningkat

14 Juni 2019
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru Irma Novita. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru Irma Novita. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Penduduk pindah datang ke Kota Pekanbaru diprediksi akan meningkat usai libur Lebaran. Sebab, tahun ajaran baru akan segera dimulai dalam beberapa pekan ke depan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Irma Novita, Jumat (14/6/2019), mengatakan, penduduk pindah datang ke Pekanbaru akan bertambah setiap harinya menjelang tahun ajaran baru dalam beberapa pekan ke depan. Untuk itu, para ketua RT dan RW diimbau melakukan pengawasan terhadap warga baru di sekitar tempat tinggalnya.

"Kami telah menyiapkan surat imbauan untuk disebar kepada seluruh ketua RT dan RW di Kota Pekanbaru. Surat imbauan agar para ketua RT dan RW agar meminta penduduk baru mengurus dokumen pindahnya," ujarnya.

Meski begitu, penduduk pindah datang tidak terlihat meningkat usai libur Lebaran. Jumlah penduduk pindah datang hanya 70 orang setiap hari. Berbeda dengan sebelum bulan Ramadan (Mei 2019), dimana jumlah penduduk pindah datang bisa mencapai 100 orang setiap hari.

"Penduduk pindah datang kami terima di Mal Pelayanan Publik," ucap Irma.

Loading...

Seorang warga pindah datang disebut penduduk Pekanbaru bila sudah menetap selama satu tahun. Meskipun begitu, warga tersebut harus tetap melapor dan mengurus surat pindah ke kantor Disdukcapil.

"Dalam pengurusan surat pindah datang, warga pindah datang itu memerlukan rekomendasi dari ketua RT dan ketua RW. Di samping itu, ketua RT dan ketua RW juga aktif memerhatikan warga baru di sekitarnya," sebut Irma.