Kejurnas Bola Voli akan Digelar di Pulau Rupat Bengkalis

Kejurnas Bola Voli akan Digelar di Pulau Rupat Bengkalis

31 Agustus 2021
Saat pertemuan pembahasan Kejurnas

Saat pertemuan pembahasan Kejurnas

RIAU1.COM - Pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Provinsi Riau, mencanangkan untuk menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas), pertandingan Voli Pantai, di Pulau Rupat, tepatnya di Tanjung Lapin Rupat Utara, pada tahun 2022 mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua PBVSI Riau, Burhanuddin Husein ketika audiensi bersama Wakil Bupati, H Bagus Santoso, di Ruang Hang Tuah, lantai II kantor Bupati Bengkalis, Senin, 30 Agustus 2021.

“Disamping kita membuat Kejurnas Voli Pantai, ini juga upaya kita untuk membantu mendongkrak pariwisata yang kita nilai Pulau Rupat, khususnya Kecamatan Rupat Utara, memiliki objek wisata yang menarik dan perlu kita promosikan bersama,” ujar Ketua PBVSI Riau.

Menurutnya, kegiatan ini dapat disandingkan pada waktu pelaksanaan Festival Pantai yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, yang setiap tahunnya diselenggarakan.

“Ini yang kami pandang cocok untuk menggandengkan Kejurnas Voli Pantai. Kalau di kegiatan Mandi Safar, kami rasa kurang enak jika menggandengkan kegiatan olahraga ini. Karena mandi safar ini identik dengan adat dan spiritual,” katanya.

Dalam Kejurnas ini, secara singkat Ketua PBVSI Riau menerangkan bahwa pesertanya tidak ditetapkan oleh provinsi, tetapi akan dilakukan sistem terbuka bebas untuk umum, dengan tidak membatasi berapa tim diturunkan dari daerah.

“Hanya saja nanti mungkin kita batasi kuotanya sebanyak 20 tim putra dan 20 putri, yang kita gambarkan sekitar 5 hari proses pertandingan,” sebutnya.

Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Bengkalis, mengaku siap untuk mendukung kegiatan yang diwacanakan tersebut. Terlebih Pulau Rupat saat ini memang tengah menjadi salah satu objek wisata yang terus dibangun dan dipromosikan, khususnya di Rupat Utara.

“Kita akan laporkan dulu kepada Ibu Bupati, untuk nanti dapat kita wujudkan ini. Tentu berbagai persiapan jelang pelaksanaan kegiatan harus kita lakukan maksimal. Mudah-mudahan kegiatan ini menimbulkan efek positif bagi masyarakat tempatan dan Kabupaten Bengkalis umumnya,” terang Wabup.

Dengan adanya rencana ini, Wabup mengaku masih khawatir terhadap kondisi Pandemi Covid-19 yang saat ini belum juga berakhir. Ia berharap di tahun depan situasi Negara dan seluruh dunia sudah membaik, bebas dari pandemi.

“Rasanya ini peluang yang mesti kita kejar dan realisasikan bersama. Tentu kita juga berharap dukungan Anggota DPRD Riau, Saudara Misliadi yang juga hadir dalam kesempatan ini, untuk mengawal anggaran di Provinsi Riau yang dapat kita bawa ke pembanguna  di Kabupaten Bengkalis ini,” harap Wabup.*