Usai Diklat Nasional di Bali, Andrio Loka Saputra Bakal Perbarui Ilmu Wasit Taekwondo di Riau

Usai Diklat Nasional di Bali, Andrio Loka Saputra Bakal Perbarui Ilmu Wasit Taekwondo di Riau

14 November 2020
Diklat Wasit Nasional Taekwondo di Bali

Diklat Wasit Nasional Taekwondo di Bali

riau1.com/">RIAU1.COM - Andrio Loka Saputra telah menyelesaikan Pendidikan dan Pelatihan Wasit Nasional Taekwondo. Ilmu yang didapat wasit nasional asal Riau itu selanjutnya akan dibagikan ke para wasit yang ada di Bumi Lancang Kuning.

Diklat wasit ini diselenggarakan di Hotel Mercure Harvestlan, Kuta Bali pada 9 hingga 14 November 2020. Kegiatan ini masih merupakan rangkaian dari kegiatan diklat sebelumnya yang diselenggarakan pada Oktober 2020 lalu.

Diklat diikuti oleh 35 wasit nasional terpilih dari berbagai provinsi di Indonesia. Provinsi Riau mengirimkan Andrio Loka Saputra yang menjabat sebagai Koordinator Wasit Daerah Riau (Korwasda).

Dalam 6 hari kegiatan, Rio sapaan akrabnya, bersama 34 peserta lainnya mengikuti diklat untuk meningkatkan pengetahuan dan menyegarkan kembali berbagai muatan materi perwasitan yang harus update dengan Peraturan yang dikeluarkan World Taekwondo (WT).

Selain itu, mereka juga ditempa untuk meningkatkan kapasitas agar lebih well organize pada kapasitas leadership-nya sebagai wasit, baik sebagai Technical Delegate, CSB, Chief Referee, Review Jury (RJ), maupun sebagai Technical Assistant (TA).

"Ilmu yang didapat ini akan saya dibagikan ke para wasit daerah agar mereka update tentang peraturan terbaru," kata Rio, Sabtu 14 November 2020.

"Hal itu akan dilaksanakan pada Januari 2021 mendatang oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Riau," sebut Pelatih Utama di Andalan Taekwondo yang bermarkas di Kantor Kejati Riau.

Menurut Rio, dirinya bersama para wasit nasional dan daerah yang ada di Riau, harus memperbaharui pengetahuan karena berkaitan dengan kejuaraan-kejuaraan yang akan digelar, baik tingkat daerah maupun nasional.

Jika pandemi Covid-19 mereda, sejumlah kejuaraan akan digelar di Riau pada tahun mendatang. Seperti, Andalan Grand Championship, Dankor Paskhas, Agribisnis, Kejurprov Riau dan juga Kejurkot Pekanbaru. Setelah itu akan ada Porprov Riau yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) pada tahun 2022.

"Taekwondo Riau juga tengah mempersiapkan atlet untuk berlaga di PON Papua 2021 nanti," sebut Ajudan Kepala Kejati (Kajati) Riau itu.

Dengan banyaknya agenda itu, kata Rio, tim pelatih dan atlet harus mengetahui tentang peraturan pertandingan agar atlet tidak dirugikan. "Minimal pelatih dan atlet harus mengetahui apa saja yang poin, pelanggaran, dan bagaimana cara menggunakan IVR (Instant Video Replay)," terang dia.

"Semua peraturan pertandingan itu ada di perwasitan. Jadi mereka juga harus mengetahui," pungkasnya.