Ini Dia Rivalitas Dua Negara Sekaligus Kiblat Sepakbola Dunia

Ini Dia Rivalitas Dua Negara Sekaligus Kiblat Sepakbola Dunia

20 September 2020
Pertemuan Brazil VS Argentina (foto: Istimewa/internet)

Pertemuan Brazil VS Argentina (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Federation of International Football Association (FIFA) menobatkan sepakbola Brazil dan Argentina sebagai kiblat rivalitas sepakbola dunia.

Argentina-Brasil mereka sebut The Essence of Football Rivalry atau intisari persaingan sepakbola dinukil dari historia.id, Minggu, 20 September 2020.

Disampaikan melalui artikel di situs resmi FIFA pada, 6 Juni 2014 silam. Bahkan rivalitas antara dua negara ini mengalahkan kepopuleran Inggris sebagai negeri penemu sepakbola modern.

Semua bermula pada 1908 saat Presiden Argentina Jenderal Julio Argentino Roca membawa timnas negerinya menyambangi Brasil sekaligus memperkenalkan sepakbola.

Sayang saat itu Brasil belum memiliki timnas dan hanya memiliki klub-klub kecil yang didirikan para imigran Inggris Raya. Rivalitas perdana dua negara ini baru terjadi dalam laga persahabatan pada 20 September 1914 di Buenos Aires, Argentina.

Tuan rumah menggulung Brasil dengan kemenangan 3-0. Sesudah itu Brazil cepat belajar dari kekalahannya.

Dibuktikan dengan membumkam Argentina 1-0 dalam ajang kompetisi sepakbola tahunan yang dibuat Presiden Roca, Copa Roca.

Dari sini persaingan kedua negar dimulai seiring terjadinya perubahan dari kekaguman menjadi kecemburuan.

Hal itu terjadi setelah keduanya mulai terjun di turnamen-turnamen regional hingga internasional, seperti Copa America sampai Piala Dunia. Brasil berkembang cepat dan prestasinya melebihi Argentina meskipun negara ini lebih dulu mengenal sepakbola.