SH Terate, Salah Satu Perguruan Pencak Silat Paling Disegani Se-Nusantara

SH Terate, Salah Satu Perguruan Pencak Silat Paling Disegani Se-Nusantara

12 Februari 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tahukah bahwa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) merupakan salah satu perguruan Pencak Silat yang paling disegani se-Nusantara lantaran pernah melibatkan diri dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

Dinukil dari liputan6.com, Rabu, 12 Februari 2020 tak hanya di Indonesia, nama perguruan ini telah melalang buana hingga ke mancanegara. Salah satunya saat menurunkan perwakilannya ke Inggris dalam pergelaran Festival Pencak Silat UK (PSF UK).

Perguruan ini berdiri atas jasa Ki Ngabei Ageng Soerodiwirdjo atau Muhamad Masdan yang lahir pada 1876 di Surabaya dinukil dari shterate.com.

Putra sulung dari Ki Ngabei Soeromihardjo ini dinilai memiliki bakat dalam ilmu bela diri. Terbukti mampu menghimpun bermacam-macam gerak langkah permainan silat yang ditekuninnya dari provinsi ke provinsi lainnya.

Seperti Cimande, Cikalong, Monyetan, Toya, Permainan Padang Pariaman, Permainan Solok yang didapatkannya saat mengitari nusantara.

Loading...

Dan akhirnya tahun 1903 dia kembali ke kampung halaman mendirikan perkumpulan Sedulur Tunggal Kecer dan Joyo Gendelo.

Barulah pada 1917 nama kedua perkumpulan tersebut berubah menjadi Persaudaraan Setia Hati berpusat di Madiun.

Sedangkan nama Terate atau teratai merupakan tambahan dari Ki Hadjar Hardjo Oetomo, salah satu murid Muhamad Masdan, pencetus lahirnya perguruan ini.