Strategi Carlos Bilardo Lahirkan Gol Tangan Tuhan Milik Maradona

Strategi Carlos Bilardo Lahirkan Gol Tangan Tuhan Milik Maradona

9 Februari 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Pelatih Argentina Piala Dunian 1986, Carlos Bilardo dinilai mampu membuat Maradona memperlihatkan skil individunya ditengah cemoohan dunia saat itu.

Maradona saat itu dinilai begitu banyak menciptakan masalah. Salah satunya sebagai pengguna obat-obatan terlarang sampai skandal yang menyudutkannya dinukil dari tirto.id, Minggu, 9 Februari 2020.

Cara Carlos memaksimalkan potensi yang ada pada Maradona dengan memainkan formasi 3-5-2. Formasi itu dinilai kaku, sistematis, dan mementingkan pertahanan. Pendekatan itu akan membuat Argentina bermain membosankan, tapi sulit dibobol lawan.  Namun berbuah manis terutama saat menghadapi Inggris di babak perempatfinal. Maradona menciptakan gol menggunakan tangannya.

Pada menit 51, Maradona melakukan penetrasi ke gawang Inggris, melewati Glenn Hoddle dan gelandang-geladang Inggris lainya. Saat berada di depan kotak penalti Inggris, ia kemudian bermaksud melakukan wall-pass dengan Jorge Valdano. Namun Valdano kurang sempurna dalam mengontrol bola. Steve Hodge yang berada di dekatnya kemudian mencoba membuang bola.

Bola tendangannya ternyata mengarah ke dalam kotak penaltinya sendiri. Maradona dan Peter Shilton lalu berusaha mendapatkan bola tersebut. Tahu bahwa ia tidak akan memenangi duel udara melawan kiper Inggris itu, Maradona lalu meninju bola dengan tangannya. Bola masuk ke dalam gawang Inggris. Wasit yang memimpin jalannya pertandingan tersebut menganggapnya sebagai sebuah gol.