Ahad Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran dari Sumatera Barat

Ahad Diprediksi Puncak Arus Balik Lebaran dari Sumatera Barat

7 Mei 2022
Kepadatan lalu lintas di Sumbar

Kepadatan lalu lintas di Sumbar

RIAU1.COM - Volume kendaraan semakin meningkat di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) pada momen arus balik Idul Fitri 1443 Hijriyah, dan diprediksi pihak kepolisian puncaknya akan terjadi, Ahad (8/5/2022).

“Puncak arus balik belum terjadi sekarang, prediksi kami puncak arus balik Minggu,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman seperti dimuat langgam.id.

Sebelumnya, Hilman memperkirakan 80 ribu kendaraan telah memasuki wilayah Sumbar saat arus mudik. Pihaknya akan berusaha mengurai kemacetan saat arus balik.

“Anggota sudah turun ke jalan di setiap ruas, setiap pos PAM berjaga. Kemudian juga ada beberapa rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan ini,” ujarnya.

Hilman menyarankan bagi pemudik untuk dapat melewati jalur alternatif jika tidak ingin terjebak macet, terutama yang ingin menuju Kota Payakumbuh dan sekitarnya.

Menurut, Malalak dan Sitinjau Lauik menjadi jalur alternatif menghindari kemacetan. Sebab, jalur Padang-Bukittinggi via Silaiang rentan terjadi kemacetan.

“Bagusnya lewat Solok (Sitinjau Lauik) masuk ke Tanah Datar lalu Payakumbuh. Di sini macet, tapi tidak separah jalur menuju Bukittinggi (Silaiang),” tuturnya.*