Penumpang Melonjak, Empat Maskapai Ajukan Penerbangan Tambahan di BIM

Penumpang Melonjak, Empat Maskapai Ajukan Penerbangan Tambahan di BIM

1 Mei 2022
BIM Padang Pariaman

BIM Padang Pariaman

RIAU1.COM - Tercatat sebanyak 58.336 pemudik menggunakan total 506 penerbangan telah tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Demikian data PT Angkasa Pura (AP) II sejak H-10 hingga H-2 Lebaran atau 22 sampai 30 April 2022.

“Puncak arus mudik di BIM terjadi pada 29 April 2022 atau H-3 dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 8.080 orang menggunakan 65 penerbangan,” kata Executive General Manager PT AP II BIM Siswanto di Padang Pariaman, Minggu (1/5/2022).

Pada musim mudik Lebaran kali ini, imbuhnya, empat maskapai mengajukan penerbangan tambahan hingga mengganti pesawat ke ukuran yang lebih besar.

“Maskapai tersebut yaitu Citilink, Air Asia, dan Lion Grup,” tutur Siswanto seperti dimuat Padangkita.

Menyambut kedatangan arus mudik, pihaknya memberlakukan kebijakan penambahan jam operasional dari sebelumnya berakhir pukul 19.00 WIB menjadi pukul 20.00 WIB

Puncak arus mudik di BIM, lanjut dia, datang lebih awal dari perkiraan sebelumnya pada 30 April 2022. Meskipun demikian, ia mengklaim pelaksanaan arus mudik di BIM berjalan dengan baik.

Siswanto mengatakan, pihaknya melakukan sejumlah upaya untuk memenuhi tingginya permintaan transportasi udara pemudik.

“Apabila permintaan tinggi, AP II selaku operator bandara akan berkoordinasi dengan maskapai dan kru darat serta pihak terkait untuk menambah kapasitas kursi penerbangan melalui penerbangan tambahan, pengaturan slot time penerbangan, hingga perpanjangan jam operasional bandara,” katanya.*