Kawasan Eks HTI di Pelalawan Ingin Dikelola BUMD di Riau, Gubri Temui Menteri Bahlil

Kawasan Eks HTI di Pelalawan Ingin Dikelola BUMD di Riau, Gubri Temui Menteri Bahlil

13 April 2022
Saat pertemuan

Saat pertemuan

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan audiensi dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di kantornya, Rabu (13/4/2022).

"Hari ini, kami bertemu pak menteri investasi dan kami menyampaikan tentang keinginan daerah untuk mendorong BUMD dapat mengelola kawasan hutan eks IUPHHK-HTI (izin usaha pengelolaan hasil hutan kayu hutan tanaman industri) PT Merbau Pelalawan Lestari (MPL) di Pelalawan melalui PT Sarana Pembangunan Riau Cipta Lestari," kata Gubri didampingi Kadis LHK Riau Mamun Murod di Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Sebelumnya, Gubri juga telah mendatangi KLHK untuk meminta percepatan persetujuan prinsip permohonan perizinan berusaha pemanfaatan hutan oleh PT SPR Trada.

"Alhamdulillah, pak menteri BKPM menyambut baik keinginan kami dan sangat setuju, ini kan juga dalam rangka memajukan BUMD." kata Gubri.

Setelah pertemuan ini, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia pun lantas meminta deputinya agar mengawal permohonan Gubernur Riau untuk mendapatkan areal eks PT Merbau Pelalawan Lestari tersebut.

Loading...

Ia juga menyadari bahwa pengusahaan hutan memerlukan modal yang besar, sehingga untuk tahap awal pemerintah daerah diminta untuk bermitra dengan perusahaan yang profesional.

"Jika nantinya PT Sarana Pembangunan Riau Cipta Lestari yang akan menggarap areal kawasan hutan eks PT Merbau Pelalawan Lestari, ini harus dikawal agar benar-benar melaksanakan pengusahaan hutan secara baik dan ini perlu pembinaan," kata Bahlil.*