Hafidz Riau Juara 1 MTQ Hafalan Al-Quran dan Hadits Tingkat Nasional

Hafidz Riau Juara 1 MTQ Hafalan Al-Quran dan Hadits Tingkat Nasional

25 Maret 2022
 Bayu Wibisono Damanik usai juara

Bayu Wibisono Damanik usai juara

RIAU1.COM - Kembali hafidz asal Provinsi Riau menorehkan prestasi. Yang mana kali ini di even Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Al-Su’ud Tingkat Nasional ke-14 Tahun 2022 di Jakarta, berlangsung selama tiga hari, mulai 22-25 Maret 2022.

Hafidz utusan Provinsi Riau, Bayu Wibisono Damanik, berhasil meraih juara terbaik 1 pada Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Al-Su’ud Tingkat Nasional Tahun 2022. 

Kegiatan ini diikuti 250 penghafal Al-Qur'an dan Al-Hadits dari 33 provinsi, pondok pesantren, dan lembaga keagamaan di Indonesia.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, mengucapkan tahniah dan selamat sukses kepada Bayu Wibisono yang telah mengharumkan nama Riau dikancah nasional. 

"Alhamdulillah, selamat sukses Qori Bayu Wibisono, putra Riau semoga berkah negeri ini  Aamiin YRA," kata Syamsuar melalui pesan singkat, Jumat (25/3/2022).

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Riau, Ahmad Syah Harrofie, mengatakan, pada MHQH Amir Sultan bin Abdul Aziz Al-Su’ud Tingkat Nasional Tahun 2022, Provinsi Riau mengirimkan tujuh utusan.

"Utusan dari LPTQ Riau ada 2 orang, salah satunya Bayu. Kalau peserta dari Riau semuanya ada 7 orang," kata Ahmad Syah Harrofie.

Lebih lanjut dikatakannya, Hafidz putra atas nama Bayu Wibisono berasal dari Kabupaten Rokan Hulu berhasil meraih juara terbaik satu cabang hafalan 20 juz putra. 

Bayu Wibisono memiliki prestasi yang membanggakan Prov Riau antara lain: Juara Pertama Tahfiz 10 Juz pada MTQ Nasional 2020 di Padang, Juara Kedua Tahfiz 20 juz pada STQ Nasional 2021 di Sofifi Maluku Utara, Juara Pertama Tahfiz 10 juz MHQH ke 13 di Jakarta dan terakhir Juara Pertama Tahfiz 20 juz MHQH ke 14 tahun 2022 di Jakarta.

Dengan prestasi  yang berhasil diraih hafidz asal Provinsi Riau tersebut, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi. Harapannya prestasi tersebut dapat menambah motivasi anak muda Riau untuk terus meningkatkan prestasi.

"Harapan kita dapat menjadi motivasi bagi anak-anak muda watan (anak negeri) Riau sehingga muncul bayu-bayu lainnya yg akan mengharumkan nama Riau di kancah nasional dan internasional," katanya.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Atase Agama Kedubes Arab Saudi di Indonesia dengan Kementerian Agama Republik Indonesia yang bertujuan untuk memuliakan para Huffazh, mendalami arti, makna dan kandungan Al-Qur’an dan Al-Hadits serta sekaligus mengevaluasi pembinaan para Huffazh di seluruh Indonesia.*