Faperika Unri Tawarkan Pemkab Tanah Datar Kerja Sama Pengolahan Ikan

Faperika Unri Tawarkan Pemkab Tanah Datar Kerja Sama Pengolahan Ikan

23 Januari 2022
Danau Singkarak (Foto: Media Indonesia)

Danau Singkarak (Foto: Media Indonesia)

RIAU1.COM - Pengolahan hasil perikanan ditawarkan Fakultas Perikanan dan Kelautan (Faperika)Universitas Riau (UNRI) kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Kerja sama ditawarkan melalui program mahasiswa magang ataupun program lainnya seperti program membangun desa, wira usaha, kerja sosial dan yang lainnya.

Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI terutama pada Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) telah mengembangkan ilmu pengetahuan tentang pengolahan hasil perikanan,” kata Wakil Dekan I Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI Rahman Kamil, saat bertemu Bupati Eka Putra di Indojolito Batusangkar, akhir pekan ini. 

Dia menyebutkan, Tanah Datar yang memilki Danau Singkarak dengan ikan endemik bilih, yang perlu diolah dan dikemas sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai tinggi di pasaran.

“Potensi Sumber Daya Manusia/SDM di Fakultas kami sangat baik, sehingga diharapkan dengan kerja sama ini, kami bisa aplikasikan hasil pendidikan untuk membantu masyarakat Tanah Datar dalam program magang,” ujar Rahman seperti dimuat Padangkita.com.

Loading...

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra selepas penyampaian Rahman mengungkapkan, Pemerintah Daerah menyambut baik dan siap menjalin kerja sama dengan pihak Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI.

“Intinya kami siap untuk bekerja sama dengan UNRI, dan pertemuan ini harus ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepakatan perjanjian kerja sama,” ujar Bupati Eka Putra.

Eka menyebutkan, Tanah Datar setidaknya mempunyai  luas areal perikanan sekitar 159.281,39 hektare terdiri dari mina padi, kolam air tenang, kolam air deras, danau, telaga dan sungai, dengan komoditi unggulan budi daya ikan air tawar.*