//riau1.com/

#nasional

Pemko Padang Siapkan Alternatif Wisata Lain, Akibat Lesu karena Pandemi

R1/ogas


pantai air manis/net pantai air manis/net

RIAU1.COM -PADANG-Wisata yang menjadi salah satu andalan Kota Padang, saat ini tidak mengeliat. Pasalnya sejak pandemi Kota Padang sering masuk zona merah, sehingga kunjungan wisatawan menjadi turun drastis. Kini Pemerintah Kota Padang sedang menyiapkan sejumlah tempat wisata baru untuk mengatasi hal itu.

Kepala Dinas Pariwisata Padang Arfian mengatakan ada lima lokasi wisata baru yang sedang digodok Pemko Padang. Lima lokasi baru itu diharapkan jadi tujuan baru masyarakat untuk rekreasi.
Baca Jugaa: Mengingat Kembali Isi Perjanjian Renville yang Tak Diakui Belanda

“Saat ini ada lima destinasi baru yang kami siapkan, tersebar di beberapa titik di Kota Padang,” kata Arfian, Kamis (22/10/2020).

Dia mengatakan, salah satu objek wisata itu yakni ekowisata di Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah. Sisanya terdapat wisata perbukitan yaitu Bukit Mata Air, Nobita, Karan, dan bukit Gado-gado.
 
Saat ini, kata Arfian, sudah dibentuk Kelompok Sadar Wisata yang akan berkontribusi memajukan objek di masing-masing lokasi. Pemko Padang juga akan memberikan pendampingan serta membina Kelompok Sadar Wisata yang sudah dibentuk.
Baca Juga: Said Didu Heran, Jokowi Banyak Peran di Papua Tapi Wilayahnya Terus Bergejolak

“Kita fokus mengubah pola pikir agar pengelolaan nantinya dilakukan secara profesional,” katanya.

Dia melanjutkan, Pemko tidak bisa memberikan anggaran secara langsung karena terkendala pada aturan penggunaan anggaran. Lahan lokasi wisata itu merupakan milik masyarakat sehingga tidak bisa mengandalkan alokasi dari pemerintah.

“Status lahannya milik masyarakat, bukan pemerintah. Sehingga anggaran tidak bisa digunakan secara langsung,” katanya.(Langgam.id)





Loading...
loading...