Ini Pembelaan Diri Arteria Dahlan, Saat Disebut Kakeknya Pendiri PKI Sumbar

Ini Pembelaan Diri Arteria Dahlan, Saat Disebut Kakeknya Pendiri PKI Sumbar

9 September 2020
arteria Dahlan dan hasril chaniago

arteria Dahlan dan hasril chaniago

RIAU1.COM - Anggota DPR RI Arteria Dahlan, heboh hingga masuk trending topik atas pernyataan Hasril Chaniago sebut kakek Arteria Dahlan adalah Bachtaruddin, pendiri PKI di Sumatera Barat (Sumbar). Ketika Hasril Chaniago menyebut itu, selama diskusi ILC Arteria Dahlan tampak tak membantah dan menganguk.

Namun dilansir dari RMOL, kader PDI Perjuangan itu membantah keturunan pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) Sumbar. Anggota Komisi III DPR itu bahkan menilai tokoh pers Sumbar, Hasril Chaniago tidak tepat.

Arteria Dahlan bilang dirinya keturunan tokoh dari Partai Masyumi. “Itu dia, nenek saya tokoh Masyumi, dipenjara dulu nenek saya, masa saya dibilang PKI gimana? Jadi salah kutip kali, Hasril Chaniago. Telepon Pak Hasril suruh ngeralat, mungkin dia harus menjelaskan,” sebut Arteria Dahlan, pada RMOL, Rabu (9 September 2020).

Bagi Arteria menilai pada waktu ILC itu Hasril Chaniago menjelaskan soal keluarga di Minang yang dapat bergabung PNI, Masyumi, atau PKI.

“Dia (Hasril) bilang jangan-jangan om-nya Arteria itu PKI, dia kan ngomong begitu. Saya justru malah deketnya sama Ibu Hajah Rasuna Said. Satu keluarga kita bukan PKI, yang Masyuminya ayah saya banyak mendapatkan bimbingan dari Umi Rasuna Said,” sebut Arteria Dahlan. Arteria Dahlan menyebut kakeknya dulu seorang saudagar kaya bukan politisi. (R24)