//riau1.com/

#nasional

Sejarah Hari Ini: Pembukaan Candi Borobudur Untuk Kali Pertama

R1/azhar


Ilustrasi Candi Boroburudur saat pertama kali ditemukan (foto: Istimewa/internet) Ilustrasi Candi Boroburudur saat pertama kali ditemukan (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tak banyak yang mengetahui tepat hari ini tahun 1812 menjadi tonggak sejarah pembukaaan jalan pertama ke Candi Borobudur setelah beribu tahun ditinggalkan oleh orang Jawa yang tidak lagi memeluk agama Hindu.

Pembukaan itu dilakukan oleh Bupat Yogyakarta Tan Jin Sing atau Secodiningrat bergelar Tumenggung yang diangkat oleh Sultan Hamengkubuwono III dinukil dari historia.id, Senin, 3 Agustus 2020.

www.jualbuy.com

Baca Jugaa: Sudah Tahu Candi yang Memiliki Luasan 8 Kali Dari Candi Borobudur ? Ini Jawabannya

Dia menjadi pembuka jalan bagi Letnan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles yang tertaraik untuk menelitik keberadaan Borobudur.

Agar geraknya cepat, dia memerintahkan Letkol Colin Mackenzie untuk meneliti dan memugarnya bersama Crawfurd.

Mereka lalu berangkat ke lokasi dengan membuka jalan dengan cara membabat semak belukar. Setelah sampai Borobudur saat itu berada di atas bukit.

Baca Juga: 14 BUMN Bakal Dibubarkan, Ini Beberapa Diantaranya

Kondisinya amat menyedihkan. Tubuhnya ditumbuhi lumut, bagian bawah terkubur dalam tanah membuatnya seolah-olah berada di atas bukit. Sekelilinya penuh dengan semak belukar.

Sejak saat itu, tim yang dikomandoi oleh Raffles hilir mudik untuk meneliti keberadaan candi.





Loading...
loading...