Pesawat Kepresidenan yang Baru Mampu Tempuh Amerika Serikat Hanya dengan Satu Kali Transit

Pesawat Kepresidenan yang Baru Mampu Tempuh Amerika Serikat Hanya dengan Satu Kali Transit

28 Februari 2020
Pesawat baru Kepresidenan RI, Boeing 777. Foto: Avia.Pedia.

Pesawat baru Kepresidenan RI, Boeing 777. Foto: Avia.Pedia.

RIAU1.COM -Lewat foto yang beredar di media sosial, satu unit pesawat Boeing 777-300 ER terparkir di hanggar dan bertuliskan 'Republik Indonesia' di badan pesawat. Pesawat itu adalah sewaan dan bukan unit pesawat kepresidenan yang baru.

Dilansir dari Detik.com, Jumat (28/2/2020), Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan penulisan 'Republik Indonesia' di badan pesawat merupakan bagian dari keprotokoleran. Boeing 777-300 ER akan dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya ke Amerika Serikat (AS) bulan Maret 2020.

"Sebab secara keprotokolan negara, pesawat itu akan menjadi Pesawat Kepresidenan RI," ujar Heru.

Pemilihan pesawat maskapai nasional ini bertujuan untuk penghematan anggaran dan efisiensi waktu. Waktu tempuh maksimal penerbangan dari Boeing 777-300ER adalah 14 jam.

"Sehingga, penerbangan dari Jakarta ke Las Vegas, lokasi KTT berlangsung, dengan pesawat berbadan lebar ini dapat ditempuh hanya dengan satu kali transit," ucap Heru.

Jika menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 (BBJ-2) yang digunakan Presiden saat ini, yaitu tipe Boeing 737-800, jarak tersebut harus ditempuh dengan beberapa kali transit. Sehingga perjalanan bisa mencapai dua hari.

"Manfaat lainnya dengan waktu maksimal penerbangan di atas 12 jam adalah tempat transit dapat dipilih negara yang aman dari penyebaran virus corona," kata Heru.

Adapun pesawat kepresidenan Indonesia-1 (BBJ-2) saat ini sudah waktunya menjalani perawatan dan pemeliharaan rutin tahunan. Sehingga saat Presiden melakukan lawatan ke AS, pesawat kepresidenan Indonesia-1 akan menjalani pemeliharaan sebagaimana telah terjadwal oleh GMF (Garuda Maintenance Facility).