Baru Pulang dari Malaysia, Tiga Warga Sumbar Dicurigai Virus Corona Dirawat di RSUP M Djamil Padang

Baru Pulang dari Malaysia, Tiga Warga Sumbar Dicurigai Virus Corona Dirawat di RSUP M Djamil Padang

14 Februari 2020
Gustavianof, pejabat PPID RSUP M Djamil Padang.

Gustavianof, pejabat PPID RSUP M Djamil Padang.

RIAU1.COM - Tiga orang warga Sumatera Barat, yang baru pulang dari Malaysia dan pulang umrah, dicurigai terindikasi virus corona. 

Ini baru dicurigai, bukan positif dan masih diperiksa tim medis. 

Ketiganya saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat, dan sedang diperiksa tim medis. 

 

Tim RSUP M Djamil Padang, segera mengirimkan hasil pemeriksaan tiga orang pasien tersebut  ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) di Jakarta.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan swab tenggorokan terhadap pasien. Setelah itu kita akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk mengetahui hasil pemeriksaan yang akan dikirim ke Badan Litbangkes di Jakarta," kata Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Gustavianof, di Padang, Jumat, seperti dilansir Antara. 

Ia menyebutkan pasien yang dicurigai terjangkit virus corona sampai saat ini yaitu berjumlah tiga orang merupakan warga Sumatera Barat (Sumbar) yang baru saja pulang dari Malaysia dan umrah.

"Yaitu pasien perempuan pulang dari Malaysia dan dua pasien lainnya laki-laki baru pulang umrah," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium para pasien yang dicurigai terjangkit virus corona tersebut hanya menderita infeksi di saluran pernapasan, lebih cenderung ke arah asma dan pneumonia.

"Kecil sekali kemungkinan terjangkit virus corona,"kata dia.

Loading...

 

Akan tetapi sesuai standar operasional prosedur, pelayanan tetap dilakukan sesuai rujukan yaitu pasien rujukan tetap di rawat di ruangan isolasi dan hasil pemeriksaan tetap dikirimkan ke Litbangkes, kata dia.

"Penyakit yang dikeluhkan pasien berupa sesak nafas, demam, dan batuk. Namun sampai saat ini sudah berangsur pulih," kata dia.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu cemas dengan isu virus corona dan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin melakukan pemeriksaan.

R1 Hee.