//riau1.com/

#nasional

Satu satunya di ASEAN, Indonesia Berhasil Bikin Kapal Selam yang Mampu Menyelam Kedalaman 250 Meter

R1/hee


Inilah penampakan kapal selam Alugoro buatan Indonesia di PT PAL. Inilah penampakan kapal selam Alugoro buatan Indonesia di PT PAL.

RIAU1.COM - Prestasi ini patut dibanggakan. Indonesia berhasil membuat Kapal selam melalui BUMN  PT PAL Indonesia (Persero),  namanya  KRI 405 Alugoro sedang melakukan uji Sea Acceptance Test (SAT) sejak pertengahan Januari 2020 di Banyuwangi, Jawa Timur.

Kapal ini lolos uji untuk menyelam dengan kedalaman sampai 250 meter di dasar laut. 

www.jualbuy.com

Baca Juga: Silahkan Melamar, Kemenhan Buka Pendaftaran Pasukan Komponen Cadangan

Iklan Riau1 

Kapal selam ini berhasil diproduksi di Indonesia dengan menggandeng Korea Selatan (Korsel).



"Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu mengembangkan dan membangun teknologi kapal selam,'" jelas BUMN PT PAL dalam situs resminya, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (21/1).

Kapal Selam yang dibuat PT PAL ini selesai diproduksi 11 April 2019 di galangan kapal milik PT PAL, Surabaya, Jawa Timur. Proses produksinnya memakan waktu sampai 4 tahun. Pada 6 April 2015, dimulai groundbreaking pembangunan infrastruktur kapal selam di PT PAL Indonesia (Persero).

Kapal selam ini berjenis Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class) pesanan TNI Angkatan Laut hasil kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan, dalam skema transfer teknologi.

Indonesia memesan tiga kapal selam dari DSME, sebanyak dua unit sudah dibuat di Korea Selatan yaitu KRI Ardadedali 404 dan KRI Nagapasa 403. Sedangkan KRI 405 Alugoro diproduksi di galangan kapal PT PAL.

 



Kapal U209 Chang Bogo Class memiliki panjang 61,3 m dengan kecepatan mencapai 21 knot ketika berada di bawah air, mampu membawa 40 kru dengan kemampuan jelajah hingga 50 hari dan di desain dengan life time mencapai 30 tahun.

Bobot total kapal selam tersebut sebesar 1.460 ton saat muncul di permukaan dan 1.596 ton ketika menyelam di bawah permukaan.

Keberhasilan pembuatan kapal selam ini bisa jadi pelajaran berikutnya. Apalagi Menhan Prabowo dan Menko Kamaritiman Luhut Pandjaitan akan membeli kapal long ocean atau kapal panjang.

Baca Juga: Tragis, Empat Anak Beranak Meninggal Dunia Tertimbun Longsor Saat Sedang Tidur  

Kabar yang beredar kapal  Iver Huitfeldt-Class buatan Denmark. jadi pinangan.

Tentu bila, proses pembelian kapal perang bisa meniru skema transfer teknologi kapal selam tentu suatu keniscayaan.

R1 Hee. 


Informasi
Tlp +62 853 8222 8787
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)

Loading...