Lihat Teripang Dijemur, Fahri Hamzah Malah Umbar Masa Kecil

Lihat Teripang Dijemur, Fahri Hamzah Malah Umbar Masa Kecil

9 Desember 2019
Fahri Hamzah [Foto: Istimewa/Twitter]

Fahri Hamzah [Foto: Istimewa/Twitter]

RIAU1.COM - Mantan Wakil Ketua DPR RI 2014-2019, Fahri Hamzah mengaku teringat kenangan saat masih kecil ketika melihat langsung binatang laut berkulit duri atau yang akrab disebut teripang saat mengalami proses pengeringan dibawah sinar matahari.

Ingatannya itu dibagikannya melalui akun media sosial Twitter miliknya, Senin, 9 Desember 2019.

"Teripang, di kampung saya disebut Banten," sebutnya singkat. Fahri yang lahir di Utan, Sumbawa, NTB, 10 Oktober 1971 silam mengaku mengenal teripang dengan cara mengkonsumsinya dimasak dengan menggunakan kelapa.

" Dimasak sederhana dan dicampur kelapa. Sejak kecil saya suka rasanya. Nelayan dan anak2 pesisir tentu mengenalnya sebagai tangkapan hari2 dan makanan istimewa," jelasnya.

Selain dapat disantap, teripang dapat dijadikan obat. Masyarakat umumnya mengonsumsi hewan laut ini dengan cara dikeringkan, digoreng, diasamkan, atau bahkan dimakan mentah-mentah dinukil dari hellosehat.com.

Timun laut ini juga punya rasa daging yang sedikit hambar. Itu sebabnya, hewan laut ini sering dicampur ke dalam tumisan, sup, atau bahkan dicampur sumber makanan lain seperti daging sebagai santapan sehari-hari.

Lantaran mengandung zat yang disebut sitotoksin, teripang terbukti dapat melawan sel kanker termasuk kanker payudara, prostat, dan sel kanker kulit serta baik untuk orang dengan penyakit jantung dan sedang melakukan diet tinggi protein.