Cerita Soeharto Yang Resmikan Media Online Pertama Di Indonesia

Cerita Soeharto Yang Resmikan Media Online Pertama Di Indonesia

18 November 2019
Soeharto (Foto: Istimewa/internet)

Soeharto (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Pesatnya perkembangan teknologi mau tidak mau menggeser dominasi media cetak dan bertransformasi menjadi media daring atau online sejak internet diperkenalkan tahun 1995 di Tanah Air.


Tahukah apa nama media online pertama di Indonesia?. Menurut publikasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, berjudul Media Online: Pembaca, Laba, dan Etika yang ditulis J. Heru Margianto dan Asep Syaefullah dan dikutip dari beritagar.id, Senin, 18 November 2019 bahwa media pertama yang tercatat hadir di internet adalah Republika Online atau republika.co.id.

Republika diresmikan peluncurannya oleh Presiden ke-2 RI, Soeharto dan mengklaim pembaca dari Malaysia dan Arab Saudi menjadikannya sebagai rujukan seputar berita Islam di Indonesia.

Menyusul Kompas versi internet diperkenalkan dengan nama kompas.co.id pada 14 September 1995, Tempo Interaktif pada 6 Maret 1996 dengan alamat tempointeraktif.com, Bisnis Indonesia pada 2 September 1996, Harian Waspada dengan waspada.co.id pada 11 Juli 1997.

Loading...

Lalu pada 1998 lahirlah Detikcom yang disebut-sebut sebagai pelopor media daring di Indonesia, bahkan dunia yang berbeda karena konsepnya.

Pemberian gelar ini karena saat itu kunjungannya mencapai 15.000 klik per hari. Satu tahun kemudian jumlah pembacanya melesat menjadi 50.000. Pencapaian yang luar biasa ini mengingat jumlah pengguna internet saat itu yang belum sebesar tahun ini.