Cerita R.A Kartini Berikan Beasiswanya Kepada H. Agus Salim

Cerita R.A Kartini Berikan Beasiswanya Kepada H. Agus Salim

16 November 2019
H. Agus Salim saat remaja (Foto: Istimewa/internet)

H. Agus Salim saat remaja (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tak banyak yang mengetahui bahwa R.A Kartini pernah memberikan beasiswa miliknya kepada H. Agus Salim yang kini kita kenal sebagai Pahlawan Nasional.

Pemberian beasiswa itu melalui sepucut surat yang ditujukan kepada Nyonya J.H. Abendanon yang saat itu merupakan istri Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda tahun 1900-1905 Jacques Henrij Abendanon, dikutip dari kompas.com, Sabtu, 16 November 2019.

Namun sayang usulannya itu tidak terwujud. Agus Salim tetap tinggal di Indonesia dan menjadi tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Berikut isi surat yang dituliskan Kartini kepada Nyonya J.H. Abendanon:

Kami tertarik sekali kepada seorang anak muda ini. Kami ingin dia dikaruniai bahagia. Anak muda itu namanya Salim, ia orang Sumatera asal Riau yang dalam tahun ini mengikuti ujian penghabisan sekolah menengah HBS dan ia keluar sebagai juara. Juara pertama dari ketiga-tiga HBS.

Anak muda itu ingin sekali pergi ke Negeri Belanda untuk belajar menjadi dokter. Sayang sekali, keadaan keuangannya tidak memungkinkan. Gaji ayahnya cuma F 150 sebulan. Tanyakan pada Hasim tentang anak muda itu. Nampaknya dia seorang pemuda yang hebat yang pantas diberi bantuan.