Mengenal Kesultanan Palembang Darussalam, Salah Satu Kerajaan Islam Terbesar Di Sumatera

Mengenal Kesultanan Palembang Darussalam, Salah Satu Kerajaan Islam Terbesar Di Sumatera

8 November 2019
Ilustrasi Kesultanan Palembang Darussalam (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi Kesultanan Palembang Darussalam (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Selain Samudera Pasai, Kerajaan Perlak, Kerajaan Malaka, Kerajaan Aceh Darussalam. Ternyata ada satu kerajaan Islam lagi cukup dikenal peradabannya di masyarakat luas.


Kerajaan itu adalah Kesultanan Palembang Darussalam yang merupakan salah satu kerajaan Islam di Indonesia berada di Provinsi Sumatera Selatan dikutip dari kumparan.com, 8 November 2019.

Berdirinya Kesultanan Palembang Darussalam ternyata tidak terlepas dari keberadaan Kerajaan Sriwijaya.

Setelah ditaklukan oleh Majapahit pada 1375 M, wilayah Palembang dijadikan sebagai salah satu wilayah pendudukan Kerajaan Majapahit di bawah pimpinan Hayam Wuruk.

Saat itu pemerintahan di Palembang diserahkan kepada seorang bupati yang ditunjuk langsung oleh Majapahit. Namun, banyaknya permasalahan di internal Kerajaan Majapahit membuat perhatian mereka terpecah-pecah.

Loading...

Sampai-sampai wilayah Palembang dikuasai oleh para pedagang dari Tiongkok. Hingga akhirnya Majapahit kembali menguasai Palembang setelah mengutus seorang panglima bernama Arya Damar. Dia kemudian masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Arya Abdillah.

Hingga akhirnya pada 1659, Palembang resmi menjadi kerajaan bercorak Islam dengan nama Kesultanan Palembang Darussalam.

Pemimpin terakhir kesultanan Palembang Darussalam adalah Sultan Ahmad Najamuddin IV, yang pada 1825 diasingkan ke Banda kemudian dipindahkan ke Manado, Sulawesi Utara, hingga wafat pada 1844.