Virus Flu Babi Afrika Ancam Ternak di 7 Provinsi di Indonesia, Kementan Lakukan Upaya Pencegahan

Virus Flu Babi Afrika Ancam Ternak di 7 Provinsi di Indonesia, Kementan Lakukan Upaya Pencegahan

19 Oktober 2019
Seekor bayi Babi Liar bersama induknya di Ngorongoro Crater, Tanzania, Afrika Timur. Foto: abcnews.go.com.

Seekor bayi Babi Liar bersama induknya di Ngorongoro Crater, Tanzania, Afrika Timur. Foto: abcnews.go.com.

RIAU1.COM -Kementerian Pertanian (Kementan) mencegah masuknya virus african swine fever (ASF) atau flu babi Afrika yakni virus yang menyerang babi masuk Indonesia. Caranya, dengan melakukan gerakan pemetaan, mitigasi dan simulasi, terutama di daerah yang populasi babinya tinggi di Indonesia.

"Mitigasi lapangan dilakukan dengan mencegah masuknya sampah pesawat terutama dari negara-negara yang sudah tercemar virus ASF," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita dikutip dari Tempo.co, Sabtu (19/10/2019).

Potensi penyebaran virus ASF selain dari sampah pesawat, adalah dapat menempel pada manusia. Ketika manusia berdekatan dengan babi, maka virusnya dapat terbawa.

"Virus ASF itu tidak menyerang manusia, tapi dapat menempel di tubuh manusia, dan pada saat manusia itu berada di dekat babi, virusnya dapat menyerang babi," katanya.

Ketut Diarmita menambahkan virus ASF bereaksi dengan cepat dan dapat mematikan babi di populasinya sampai 100 persen.

"Kondisi ini dapat merugikan peternak babi, sehingga harus segera diantisipasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani Badan Karantina Pertanian Agus Sunanto mengatakan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian mencegah barang-barang dari negara tercemar ASF, terutama Cina, untuk masuk ke Indonesia, seperti sampah pesawat.

Loading...

"Di Bandara Soekarno-Hatta, pengelolaan sampah pesawat ini sudah dikelola dengan baik, sampahnya dimusnahkan," katanya.

Jika ditemukan barang-barang terkontaminasi virus ASF, langsung dimusnahkan. Kalau Pemerintah tidak gerak cepat dan virus ASF masuk ke Indonesia, maka populasi babi di Indonesia bisa habis.

Populasi babi di Indonesia, ada sekitar delapan juta ekor, terutama di Sulawesi Utara, NTT, Papua Barat, Papua, Bali dan Sumatera Utara, serta di Pulau Bulan, Kepulauan Riau.

Menurut Ketut Mitra, antisipasi penyebaran virus ASF ini di Indonesia, terkait dengan sejumlah direktorat di Kementerian Pertanian. Sehingga, dirinya menggagas Kementerian Pertanian membentuk tim terpadu mengantisipasi penyebaran virus flu babi Afrika di Indonesia.

"Dalam tim gabungan ini, siapa bekerja apa, dan saling bersinergi. Hindari ego sektoral," katanya.