Ini Alasan Soeharto Pilih Cendana Jadi Tempat Tinggalnya

Ini Alasan Soeharto Pilih Cendana Jadi Tempat Tinggalnya

15 Oktober 2019
Presiden Kedua Republik Indonesia Soeharto (Foto: Istimewa/internet

Presiden Kedua Republik Indonesia Soeharto (Foto: Istimewa/internet

RIAU1.COM - Tak banyak yang tahu apa alasan Presiden Kedua Republik Indonesia Soeharto memilih tinggal di Jalan Cendana nomor 8, Menteng, Jakarta Pusat dikutip dari merdeka.com, 15 Oktober 2019.


Soeharto dan keluarga pindah ke Jalan Cendana sejak 1968 dari Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat. Saat itu dia baru dilantik sebagai Presiden Kedua Republik Indonesia pada 27 Maret.

Biografinya yang berjudul Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya yang ditulis Ramadhan KH dan G Dwipayan menjelaskannya secara jelas.

Rumor yang beredar di masyarakat menyebutkan karena alasan kejawen tidak tepat. Alasannya menurut Soeharto adalah faktor keluarga.

Loading...

"Saya mengambil keputusan ini bukan karena tidak mau, melainkan demi kepentingan dan kebaikan keluarga. Untuk kepentingan anak-anak, agar tidak terpisahkan dari masyarakat, saya memilih tinggal di luar istana," kata Soeharto.

Menurut Soeharto, jika tinggal di Istana akan sangat sulit untuk keluarganya bisa bergaul dengan masyarakat. Di Cendana, walaupun dijaga ketat, masih lebih longgar ketimbang orang harus masuk Istana.