Dua Mahasiswa Universitas Halu Oleo Tewas, Komisi III DPR Desak Jokowi Copot Wiranto dan Kapolda Sultra

Dua Mahasiswa Universitas Halu Oleo Tewas, Komisi III DPR Desak Jokowi Copot Wiranto dan Kapolda Sultra

27 September 2019
Ilustrasi demo mahasiswa yang dihadang aparat Kepolisian.

Ilustrasi demo mahasiswa yang dihadang aparat Kepolisian.

RIAU1.COM - Dua orang mahasiswa Universitas Halu Oleo tewas dengan mengenaskan saat demo di DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, kemarin. 

Seorang mahasiswa Faperi Halu Oleo, Randy, tewas dengan luka tembak di dadanya sebelah kanan. Sangat tragis. Sedangkan temannya Yusuf Kardawi, meninggal dunia akibat luka  di kepala. 

Wakil Ketua Komisi III DPR Erma Ranik meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Menko Polhukam Wiranto lantaran dua mahasiswa di Kendari tewas saat demo.

Menurutnya, Wiranto telah gagal dalam melakukan antisipasi.

Selain itu, dia juga mendesak Kapolri mencopot Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Iriyanto. 

 

"Mencopot Menko Polhukam Wiranto karena terbukti gagal dalam melakukan antisipasi terhadap persoalan politik dan keamanan yang menjadi domain wilayah kerjanya," kata Erma dalam keterangannya, Jumat (27/9), seperti dilansir merdeka.com. 

Selain itu, dia meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengusut tuntas peristiwa tersebut.

"Siapa aparat yang terlibat. Peluru apa yang telah membunuh adik adik mahasiswa. Jika polisi menggunakan peluru karet mahasiswa pasti tidak akan mati," tuturnya.

Dia juga mendesak Kapolri untuk mencopot Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Iriyanto karena terbukti tidak profesional dalam menangani aksi demonstrasi.

"Menangani aksi-aksi demonstrasi dan kritik terhadap pemerintah, jangan dilakukan dengan kekerasan dan represif. Hindari karena akan menimbulkan korban. Indonesia adalah negara demokrasi," paparnya.

 

Sebelumnya, Peserta unjuk rasa Randi (21), mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Halu Oleo (UHO) dinyatakan meninggal dunia akibat luka tembak di dada sebelah kanan Kamis (26/9) sekitar pukul 15:30 Wita.

Sedangkan korban Muh Yusuf Kardawi (19) meninggal dunia setelah menjalani operasi akibat luka serius di bagian kepala di RSUD Bhateramas pada Jumat dini hari (27/9) sekitar 04:00 Wita.

R1 /Hee