BJ Habibie, Presiden Pertama RI yang Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

BJ Habibie, Presiden Pertama RI yang Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

12 September 2019
Prosesi pemakaman mantan Presiden RI BJ Habibie secara militer  Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis.

Prosesi pemakaman mantan Presiden RI BJ Habibie secara militer Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis.

RIAU1.COM - Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan,  penuh sesak oleh pejabat, mantan pejabat, tokoh,  dan masyarakat sekitar menyaksikan prosesi pemakaman tokoh bangsa, BJ Habibie, Kamis, 12 September 2019, siang tadi. 

Prosesi pemakaman tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dengan pengamanan yang cukup ketat. 

Presiden ke-3 RI B.J. Habibie merupakan presiden RI pertama yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

 

Jenazah almarhum diberangkatkan menuju TMP Kalibata sekitar pukul 13.30 WIB dari kediamannya di Patra Kuningan, Kamis (12/9/2019).

Sesampainya di TMP Kalibata, rangkaian prosesi pemakaman dilakukan secara militer dan dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo.

"Apel persada saya Presiden Republik Indonesia atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum," kata Presiden Jokowi, seperti dilansir bisnis.com. 

Pusara Habibie berada di slot 120-121 berdampingan dengan almarhumah istrinya Hasri Ainun Besari yang telah meninggal dunia pada 22 Mei 2010.

Sebagai informasi, Presiden pertama RI Soekarno dimakamkan di Kota Blitar, Jawa Timur. Kemudian Presiden ke-2 RI Soeharto dimakamkan di Solo, Jawa Tengah. Sedangkan mantan Presiden Gus Dur juga di Jawa Timur. 

 

Sementara itu, Ibu Negara Presiden ke-3 RI Hasri Ainun Besari dan Ibu Negara Presiden ke-6 RI Kristiani Herawati atau yang lebih dikenal dengan Ani Yudhoyono dimakamkan di TMP Kalibata.

R1/Hee