Moeldoko Sebut Perubahan Struktur Kabinet Presiden Jokowi Diformulasikan Menpan RB

Moeldoko Sebut Perubahan Struktur Kabinet Presiden Jokowi Diformulasikan Menpan RB

15 Agustus 2019
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: Detik.com.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: Detik.com.

RIAU1.COM -Presiden Jokowi akan menyesuaikan struktur kabinet di periode keduanya. Saat ini, formulasi kabinet sudah disusun.

Dilansir dari Detik.com, Kamis (15/8/2019), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut, penyesuaian struktur kabinet dilakukan karena menyesuaikan kondisi perekonomian serta visi presiden ke depan. Jadi, akan ada perubahan struktur kabinet.

"Kan selalu beliau sampaikan bahwa terjadinya CAD (current account deficit/defisit transaksi berjalan) di bidang perdagangan itu, maka presiden selalu berbicara soal investasi dan ekspor. Kedua, dari sisi pembangunan SDM. Pendekatan-pendekatan itulah yang menjadi pemikiran. Sehingga mungkin ada perubahan struktur," ujarnya.

Menyikapi pertimbangan tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin sudah membuat formulasi nomenklatur. Formulasi itu akan menjadi pertimbangan Jokowi.

"Dan ini seperti yang saya sampaikan kemarin, MenPAN sudah membuat formulanya. Disarankan kepada Pak Presiden. Intinya adalah kira-kira nggak jauh dari itulah," ujar Moeldoko.

Selain itu, Jokowi akan memilih Jaksa Agung dari kalangan nonparpol. Moeldoko enggan berspekulasi hal tersebut terkait penegakan hukum di Kejaksaan.

"Ah, kayaknya sudah bisa jawab sendiri. Ha-ha-ha...," kata Moeldoko.

Sebelumnya, Jokowi memastikan akan ada penyesuaian kementerian/lembaga di kabinet keduanya. Jokowi juga memastikan akan ada perubahan nomenklatur.

"Ada yang digabung. Ada yang baru," ujar Jokowi di Buperta Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8/2019).