Jumlah Pengguna Meningkat, Facebook Laporkan Gangguan Server ke Kemkominfo Pada 14 April 2019

Jumlah Pengguna Meningkat, Facebook Laporkan Gangguan Server ke Kemkominfo Pada 14 April 2019

15 April 2019
Ilustrasi pengguna WhatsApp.

Ilustrasi pengguna WhatsApp.

RIAU1.COM -Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyampaikan gangguan server menjadi penyebab layanan aplikasi pesan instan milik Facebook, WhatsApp, tidak dapat diakses, Minggu (14/4/2019) petang. Facebook telah menyampaikan laporan gangguan server mereka kepada Kominfo menyusul jumlah pengguna yang terus meningkat.

"Jadi benar kemarin, WhatsApp, Facebook, dan Instagram down di beberapa wilayah di dunia, termasuk Indonesia," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Humas Kominfo, Ferdinandus Setu dilansir dari Antara, Senin (15/4/2019).

Bukan hanya aplikasi WhatsApp, media sosial Facebook dan Instagram juga mengalami gangguan selama kurang lebih satu jam 40 menit, mulai pukul 18.00. Dalam sejumlah pesan berantai yang ditemukan pada WhatsApp seusai layanan kembali normal.

"Gangguan layanan itu disebut sebagai cara pemerintah untuk merekam jejak masyarakat di media sosial," ujarnya.

Namun, Menteri Kominfo Rudiantara membantah rumor tersebut.

"Enggak," ujarnya sembari menggelengkan kepala.

Bukan hanya pengguna di Indonesia, sejumlah pengguna dari Amerika Serikat, Bahrain, Inggris, Prancis, Thailand, hingga Oceania juga mengaku mengalami gangguan aplikasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook, termasuk Facebook Messenger.

Sementara, The Verge, Minggu (14/4/2019), melaporkan gangguan layanan Whatsapp, Instagram, dan Facebook itu merupakan gangguan kedua dalam jangka satu bulan.