Masih Banyak Nakes di Meranti Terpapar Covid-19 Meski Sudah Divaksin, Moderna Booster Diyakini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Masih Banyak Nakes di Meranti Terpapar Covid-19 Meski Sudah Divaksin, Moderna Booster Diyakini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

18 Agustus 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Awal pekan ini, tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, mulai disuntik vaksin Moderna untuk booster (penguat). Di mana untuk Meranti telah mendapatkan vaksin Moderna sebanyak 64 vial.

Sebagimana disampaikan juru bicara Satgas COVID-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri SKM, bahwa vaksin Moderna tersebut diperuntukkan untuk booster bagi Nakes.

Walaupun demikian vaksin Moderna tetap bisa digunakan untuk masyarakat umum namun peruntukannya untuk booster maupun vaksin ketiga.

"Sudah ada yang didistribusikan untuk nakes, sampai sekarang masih berjalan," kata Fahri, Selasa 17 Agustus 2021.

Dijelaskannya, setiap vial vaksin Moderna terdiri dari 14 dosis, dimana setiap vial diperuntukkan untuk 14 tenaga kesehatan.

Dia juga menyebutkan, vaksin Moderna untuk booster bagi nakes karena masih banyak yang terpapar walau sudah mendapatkan vaksin sampai dosis kedua.

Loading...

"Fungsinya untuk booster, moderna melapis daya tahan tubuh, karena walaupun sudah divaksin sinovac, banyak nakes yang terpapar jadi harus mendapat lapisan daya tahan tubuh," jelas Fahri.

Dijelaskan Fahri nantinya vaksin Moderna juga akan bisa digunakan untuk masyarakat umum, mengingat distribusi tetap akan dilakukan secara bertahap.

"Namun tetap untuk masyarakat umum vaksin itu tetap diperuntukkan bagi yang belum menerima vaksin," tutur Fahri.*