Antisipasi Corona, 100 Penumpang Dari Malaysia Diperiksa di Pelabuhan Selatpanjang

Antisipasi Corona, 100 Penumpang Dari Malaysia Diperiksa di Pelabuhan Selatpanjang

28 Januari 2020
Sejumlah petugas yang melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dari Batu Pahat, Malaysia

Sejumlah petugas yang melakukan pemeriksaan terhadap penumpang dari Batu Pahat, Malaysia

RIAU1.COM - Mengantisipasi maraknya penyebaran virus corona yang tengah menggemparkan dunia, Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti, melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap penumpang di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang, Selasa (28/1/2020) siang.

Pantauan di lapangan, begitu kapal dengan tujuan Batu Pahat-Selatpanjang tiba di Pelabuhan Selatpanjang, sejumlah petugas gabungan yang terdiri dari perwakilan diskes, puskesmas dan kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Selatpanjang langsung melakukan pengecekan kondisi penumpang dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh dibagian dahi.


Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri mengatakan, dari100 penumpang yang diperiksa, tidak ada suhu tubuh yang diatas 38 derajat.

"Artinya kondisi tubuh penumpang masih normal dan aman. Tidak ada yang sampai 38 derajat" ujar Fahri.

Meski demikian, Fahri juga mengatakan pihaknya tetap terus bekerjasama dengan KKP untuk mengantisipasi kasus virus corona dipintu masuk pelabuhan. Bahkan sudah dibentuk tim khusus yang akan melakukan penanganan serius apabila ada temuan terhadap kasus virus corona ini.

"Timnya yang tadi itu, dari diskes, KKP, puskesmas, dan pihak rumah sakit. Dari tim itu kita telah menyiapkan beberapa alat pelindung diri (APD) untuk melakukan penanganan jika ada hal yang mencurigakan dari kasus itu. Sehingga nantinya tidak terjadi kecolongan dan petugas tidak tertular," terangnya.

Untuk itu, Fahri mengimbau kepada seluruh masyarakat Meranti supaya jangan terlalu panik dengan adanya virus corona. Intinya, yang terpenting adalah tingkatkan kewaspadaan dan rutin menjaga kebersihan diri.

"Jaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun, sehingga virus tersebut tidak menempel ditubuh kita. Karena tangan merupakan bagian tubuh manusia yang mudah menularkan penyakit saat bersentuhan dengan yang lainnya. Selain itu, gunakan masker saat hendak bepergian" ungkapnya.