HUT Meranti ke -11, Ini Yang Diharapkan Bupati

HUT Meranti ke -11, Ini Yang Diharapkan Bupati

19 Desember 2019
Rapat paripurna peringatan HUT Ke-11 Kabupaten Meranti di Gedung DPRD Meranti

Rapat paripurna peringatan HUT Ke-11 Kabupaten Meranti di Gedung DPRD Meranti

RIAU1.COM - Rapat Paripurna dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Meranti Ke-11 Tahun 2019, berlangsung di Gedung DPRD Meranti, Senin (19/12/2019).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD  Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah dan dihadiri Wakil Bupati Meranti, Said Hasyim dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan pengabdian terbaik waktu, fikiran dan materi kepada daerah, khususnya para tokoh yang banyak berjasa baik yang hadir dalam rapat paripurna.

Dikatakannya, 11 Tahun usia Meranti telah banyak prestasi hambatan dan tantangan yang telah dilalui demi meletakan pondasi pembangunan daerah mengejar ketertinggalan. 

"Ini bukanlah hal yang mudah. Kondisi geografis, situasi sosial ekonomi dengan tingginya angka kemiskinan merupakan tantangan yang berat."ungkap Irwan. 

Ia juga mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Daerah untuk mengesa pembangunan, meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. 

Hingga akhirnya Kabupaten termuda di Riau itu tercatat berhasil menekan angka kemiskinan sebesar 16 Persen, dari 43 Persen saat awal pemekaran menjadi 27 Persen di tahun 2019 atau jika dikalkulasikan dengan jumlah penduduk setidaknya Pemerintah Daerah berhasil membebaskan 48 Ribu Jiwa dari kemiskinan. 

Kedepan dalam upaya menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Meranti akan melakukan terobosan melalui pemanfaatan potensi keuangan desa yang cukup besar. 

Nantinya, tambah Irwan, program Desa akan disinkronkan dengan kebutuhan masyarakat tempatan, dan masyarakat otomatis akan terlibat langsung dalam proses pembangunan.

"Jamannya sudah berubah bukan lagi membangun untuk masyarakat tapi masyarakat berperan aktif membangun daerah, sehingga masyarakat tidak lagi menjadi objek tapi subjek pembangunan," jelas Irwan lagi.

Tak lupa, ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita masyarakat menuju Meranti yang sejahtera. 

"Mari kita satukan hati dan fikiran dalam mewujudkan cita-cita masyarakat menuju Meranti yang sejahtera dalam tatanan masyarakat madani" ajaknya.