Sambangi Tempat Tinggal Warga, Kadis Sosial P3AP2KB : Sangat Memprihatikankan

Sambangi Tempat Tinggal Warga, Kadis Sosial P3AP2KB : Sangat Memprihatikankan

12 November 2019
Kepala Dinsos P3AP2KB - Agusyanto Bakar

Kepala Dinsos P3AP2KB - Agusyanto Bakar

RIAU1.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP3KB) melakukan kunjungan ke kediaman Ibu Samsinar, salah satu warga jalan pelabuhan Desa Banglas Kecamatan Tebing Tinggi, Selasa (12/11/2019).

Ibu Samsinar (63) diketahui baru saja kehilangan suaminya pada Sabtu (9/11/2019) malam, yang harus kembali kehadapan ilahi. Setiap harinya, Samsinar harus tinggal di rumah yang bahkan tidak pantas di sebut rumah karena kondisinya sangat memprihatinkan. Yakni tanpa pintu, tanpa jendela, mirip sebuah bangsal dengan atap rumbia yang sudah pada bocor.

Kepala Dinsos P3AP2KB, Agusyanto Bakar, SSos.,MSi, mengatakan sangat terenyuh melihat kondisi tempat tinggal bu Samsinar yang sejatinya tidak pantas di sebut rumah.

"Melihat kondisi tempat tinggalnya sungguh sangat memprihatinkan dan sangat mendesak untuk diperbaiki, agar keberadaan tempat tinggalnya layak di sebut rumah." Ucap Agus saat melakukan kunjungan.



Dalam kesempatan tersebut, Agus juga berjanji akan mencari solusi dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar tempat tinggal bu Samsinar dapat segera diatasi.

"Kita berupaya agar permasaalahan tempat tinggal bu Samsinar dapat di temukan solusi yang tepat. Nanti akan kita coba tempuh, entah melalui program rehab rumah. Kalau tidak dana APBD, ya APBN ataupun melalui program-program lain nantinya." Kata Agus menjelaskan.

Kunjungan mantan Sekretaris Dinas Pajak yang di dampingi Kasubbag Program, Kasi Rehabilitasi Sosial, Kasi perlindungan Sosial Bencana dan Kasi Jaminan Sosial Keluarga ini tidak hanya menyampaikan bantuan logistik, tetapi juga bertakziah karena bu Samsinar baru saja ditinggal suaminya di panggil Illahi.



"Upaya yang kita lakukan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah Kabupaten Meranti melalui Dinsos P3AP2KB. Ini bukan lagi sekedar panggilan tugas, tapi kondisi tempat tinggal bu Samsinar sudah menyentuh rasa kemanusiaan yang mempertajam sensitifitas kita sebagai sesama manusia." Ungkap Agus lagi.

Disamping mencoba melalui program rehab rumah nantinya, Agus juga akan menginventarisir data kependudukan bu Samsinar apakah terdaftar atau tidak dalam Basis Data Terpadu (BDT) yang di kelola Kementerian Sosial.

"Kalau tidak masuk, akan kita upayakan agar terdaftar dalam BDT sehingga bu Samsinar bisa mendapatkan aneka bantuan sosial yang menjadi program prioritas pemerintah yang memang dirancang untuk membantu orang-orang seperti bu Samsinar" tambahnya. 

Loading...