45 Desa Sudah Ajukan Proposal Penyaluran Dana Desa

45 Desa Sudah Ajukan Proposal Penyaluran Dana Desa

5 Oktober 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Seluruh Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini tengah melakukan tahapan Penyaluran Dana Desa (DDS) di Kabupaten Kepulauan Meranti Tahap ke III tahun 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Meranti Ikhwani melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Darwis mengatakan desa di Meranti saat masih mempersiapkan proposal penyaluran DDs. Hingga saat ini sudah hampir lebih kurang 50 persen desa di Meranti yang mengajukan proposal DDs.

"Sekitar 45 Desa dari 96 Desa telah mengajukan proposal DDs. sisanya masih proses verifikasi di Kecamatan," terangnya Jumat (4/10/2019).

Dikatakannya lagi, salah satu kendala desa belum mengajukan proposal DDs tersebut dikarenakan realisasi pelaksanaan DDs tahap sebelumnya belum mencapai 75%. 

"Sesuai ketentuan bahwa pengajuan DDs tahap 3, Desa harus menyampaikan
laporan realisasi penyaluran Dana Desa sampai dengan tahap II, dan laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian output Dana Desa sampai dengan tahap II," ujarnya.

Sebagai gambaran, penyaluran DDs untuk tahun ini DDs Tahap 1 sebanyak 20 persen, DDs Tahap 2 sebanyak 40 persen, DDs Tahap 3 sebanyak 40 persen. 

"Paling lambat Desember 2019 ini. Untuk besarannya sama dengan Tahap II sebelumnya sekitar Rp. 38 Milyar," ujarnya.