Tak Kuat Melawan Asap, 5 Siswa MAN 2 Kepulauan Meranti 'Tumbang'

Tak Kuat Melawan Asap, 5 Siswa MAN 2 Kepulauan Meranti 'Tumbang'

19 September 2019
Tak Kuat Melawan Asap, 5 Siswa MAN 2 Kepulauan Meranti 'Tumbang'

Tak Kuat Melawan Asap, 5 Siswa MAN 2 Kepulauan Meranti 'Tumbang'

RIAU1.COM - Diduga akibat terlalu banyak menghirup asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla), lima siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kepulauan Meranti tumbang. Tiga orang pingsan dan dua lainnya sesak nafas, Kamis (19/9/2019).

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kepulauan Meranti melalui Humasnya, Maskuri mengatakan, para guru sempat panik saat siswanya jatuh pingsan secara tiba-tiba. Mereka terpaksa memboyong siswa yang pingsan ke ruang lebih aman untuk diberikan pertolongan seadanya dan sempat.

Namun, karena kondisi siswa semakin memburuk, bidan Puskesmas setempat menganjurkan agar segera merujuknya ke RSUD Selatpanjang menggunakan kapal ambulance laut dilanjutkan dengan ambulance darat.

"Korban terpapar asap tadi ada 5, yang tiga orang pingsan, dan yang dua orang lainnya mengalami sesak. Tiga yang pingsan itu dirujuk ke RSUD Selatpanjang sesuai dengan anjuran bidan Puskesmas," kata Maskuri.

Sementara itu kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kepulauan Meranti, Syar'an membenarkan kejadian tersebut.

"Kejadian itu benar adanya, banyak siswa kita yang tumbang, bahkan karena harus menunggu ambulance tiba kondisi siswa makin kritis, sehingga harus dirujuk ke RSUD," kata Syar'an.

Dikatakan hal itu terjadi karena kondisi di sekitar sekolah tidak sehat, selain itu siswa juga sudah dianjurkan untuk memakai masker.

Loading...

"Sudah beberapa hari ini udara tidak sehat, baik di rumah siswa maupun di lingkungan sekolah. Selain kami juga  menganjurkan siswa untuk menggunakan masker, pihak sekolah yang bekerjasama dengan Puskesmas pun sudah turut membagikan masker ke masyarakat," ujar Syar'an.

Syar'an menambahkan pihaknya tidak ingin mengambil resiko yang lebih besar, maka Kepala sekolah MAN 2 Kepulauan Meranti itu hari ini mengambil kebijakan untuk memulangkan semua siswanya ke rumah masing-masing dengan tugas mandiri.

Kedepannya pihak MAN 2 Kepulauan Meranti juga akan berkoordinasi  dengan pihak Kementerian Agama Kepulauan Meranti dan Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti terkait meliburkan siswa dalam jangka panjang akibat kabut asap yang dirasa semakin parah saat ini. 

"Karena kondisi sudah sangat parah, maka kita ambil kebijakan untuk meliburkan siswa pada hari ini dan esok hari sambil memantau kondisi asap," kata Syar'an.