Dinas Perikanan Meranti Akan Bangun Tambak Udang Percontohan

Dinas Perikanan Meranti Akan Bangun Tambak Udang Percontohan

30 Juli 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Dinas Perikanan Kepulauan Meranti, Riau akan membuat tambak udang percontohan (demfarm) pada 2020 mendatang.

Kepala Bidang Budi Daya Dinas Perikanan Kepulauan Meranti, Ishak Usman mengatakan, lokasi pembuatan akan di tempatkan di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, tepatnya tidak jauh berada di Sungai Perumbi.

"Untuk tahap awal, pada tahun ini akan dilakukan pembebasan lahan oleh Bagian Tata Pemerintahan seluas lima hektar. Baru pada tahun depan akan dibangun fasilitasnya. Selasa (30/7/2019).



Ishak mengatakan, selain membangun tambak, pemerintah juga akan dibangun perumahan dan tempat pelatihan. Tambak udang percontohan itu direncanakan akan membudidayakan udang jenis Vaname.

"Selain bangun tambak, kita juga merencanakan pembangunan perumahan dan tempat pelatihan agar nantinya masyarakat bisa lebih paham menerapkan dilapangan. Udang jenis Vaname ini lumayan mahal harganya mencapai Rp90 ribu perkilo, dan permintaannya hingga ke negeri jiran Malaysia," ujar Ishak.



Lebih lanjut dikatakan, lahan tambak seluas lima hektar tersebut akan disebar sebanyak 400 ribu benur udang.

"Dengan penyebaran sebanyak 400 ribu benur, maka potensi yang akan didapatkan itu sebanyak 7,8 ton untuk sekali panen" ungkapnya.