Disparpora Meranti Adakan Festival Lampu Colok

Disparpora Meranti Adakan Festival Lampu Colok

19 Mei 2019
Dpk.R1

Dpk.R1

RIAU1.COM - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti akan mengadakan Festival Lampu Colok pada 27 Ramadhan mendatang.

Kepala Disparpora Kepulauan Meranti, Rizki Hidayat mengatakan kegiatan ini berawal dari permintaan masyarakat agar dilakukan festival guna menghidupkan kembali tradisi lampu colok yang kian memudar.

"Ini awalnya permintaan masyarakat. Festival ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengembangkan destinasi pariwisata dan untuk mempertahankan tradisi budaya Melayu dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M. Dimana belakangan tradisi lampu colok ini seolah semakin meredup" ungkapnya Minggu (19/5/2019).



Sebagai awal permulaan, Festival Lampu Colok ini akan dilaksanakan di Kecamatan Tebingtinggi, dimana setiap desa dan kelurahan hanya bisa mengikutsertakan dua lampu colok saja untuk dipertandingkan.

" Karena ini baru pertama kali dilakukan perlombaan, makanya kita membatasi satu kecamatan saja. Kita mau melihat antusias pemuda dalam mengikuti ini, jika ramai maka akan kita laksanakan tingkat kabupaten dengan mengikutsertakan seluruh kecamatan," ungkap Rizki.



Ia menjelaskan adapun kriteria penilaian difokuskan kepada keindahan bentuk dan ornamen yang ditampilkan, artistik dan kreatifitas yang bernuansa Islami.

"Kita juga menilai dari sisi bangunan, dimana letaknya tidak mengganggu pengguna jalan, maksimal tinggi itu 3,50 meter. Selain itu keamanan juga diperhatikan, dimana lebar kontruksi gerbang kiri dan kanan berjarak 5 meter yang jelas tidak menggunakan badan jalan," ungkap Rizki.

Loading...