Masyarakat Kuansing Dapat Bantuan Alat Pendeteksi Air dari Alumni ITB

Masyarakat Kuansing Dapat Bantuan Alat Pendeteksi Air dari Alumni ITB

26 Agustus 2022
Penyerahan bantuan

Penyerahan bantuan

RIAU1.COM - Sekretaris Daerah Kuantan Singingi H. Dedi Sambudy mengunjugi kolam ikan Arwana Desa Benai dalam rangka serah terima alat pendeteksi air dari Alumni ITB kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Jum'at (26/08).

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh, Kepala Dinas Perikanan Agusmandar, Kepala Bappeda Ir. H Samsir Alam, Camat Benai, Kabag Setda, dan beberapa Kepala Desa Benai, perangkat desa Kecamatan Benai, Mahasiswa (ITB) Institut Teknologi Bandung, dan mahasiswa Uin Suska Riau.

"Saya sangat mendukung tujuan dari kegiatan ini, dengan terciptanya alat ini sehingga kita tidak susah lagi mengetahui suatu kadar air dalam pengembangan budidaya ikan. Karena di Kuantan Singingi khususnya Benai, potensi perikanan sangat tinggi, peluangnya sangat besar, tinggal bagaimana kita mengembangkan peluang tersebut," kata Sekda Dedi.

Dedi Sambudy juga menyampaikan Kepada Kepala Desa diharapkan untuk memberi tahu kepada masyarakat sekitar untuk membentuk kelompok tani, dalam pengembangan budidaya perikanan.

"Kita juga akan kembangkan dari jenis ikan lokal, seperti ikan gabus, daan kami akan terus memberikan dukungan untuk menunjang kegiatan dari sektor pertanian, perikanan dan pariwisata, "Jelasnya.

"Saya sangat memberikan apresiasi kepada mahasiswa ITB yang sudah menciptakan alat ini, karena dalam budidaya ikan ini pasti memerlukan sarana dan prasarana, salah satunya alat pendeteksi air, alat ini sangat bermanfaat dalam mendeteksi ph air dengan menggunakan teknologi yang canggih saat ini, yaitu berbasis digital," sambung dia.*