Plt Bupati Kuansing Dorong Petani Padi Tanam Dua Kali Setahun

Plt Bupati Kuansing Dorong Petani Padi Tanam Dua Kali Setahun

22 April 2022
Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby

Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby

RIAU1.COM - Kesejahteraan para petani padi di Kecamatan Pangean dan khususnya di Desa Rawang Binjai, Kecamatan Pangean bisa ditingkatkan bila dilaksanakan musim tanam 2 kali dalam setahun. 

Seperti itu dikatakan Plt. Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby saat safari Ramadhan di Mesjid Mawahiburahman Desa Rawang Binjai. 

"Peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga bisa melalui hasil panen padi, namun petani padi harus melaksanakan musim tanam minimal dua kali dalam setahun", kata Plt Bupati. 

Suhardiman Amby memberikan ilustrasi penghasilan petani padi dalam hitungan hektar, dimana sawah satu hektar akan bisa menghasilkan 6 - 8 ton gabah, dan bisa menghasilkan beras sebanyak 60 persen dari hasil gabah.

"Satu hektar tanaman padi bisa menghasilkan 6 - 8 ton sekali panen, bila di akumulasikan keberas bisa menghasilkan 4 ton beras. Artinya bila di jual dengan harga beras saat ini 12.000 per kilogram, tentu sudah menghasilkan 17 juta rupiah dalam satu hektar", papar Plt.Bupati.

"Saat ini sudah ada instansi khusus membidangi pertanian, sehingga masyarakat sudah bisa mendapatkan pendampingan yang lebih baik lagi"sambung dia.*