Kebutuhan di Riau Didatangkan dari Luar, Gubri Minta Desa di Kuansing Pemasok Pisang Kepok

Kebutuhan di Riau Didatangkan dari Luar, Gubri Minta Desa di Kuansing Pemasok Pisang Kepok

14 Oktober 2021
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Dengan adanya budidaya tanaman pisang kepok di Kecamatan Benai, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menginginkan Kuantan Singingi (Kuansing) dikenal dengan daerah penghasil pisang kepok. 

Gubri berharap kebutuhan masyarakat Riau khususnya Kuansing bisa terpenuhi sehingga tidak perlu membeli ke daerah luar Riau

"Desa-desa di Kuansing harus tanam pisang kepok," kata Gubri Syamsuar. 

Sebut dia lagi, Provinsi Riau terkenal dengan oleh-oleh pisang kipas, imbuh gubri. Bahan utamanya adalah pisang kepok. Namun, masyarakat Riau sebagai penjual yang berada di Kota Pekanbaru membeli pisang keluar daerah, lantaran tidak tercukupi kebutuhannya di dalam daerah. 

"Kami meminta masyarakat Kuansing menanam pisang kepok ini, sehingga tidak perlu lagi para pedagang jauh-jauh membeli keluar," ujarnya. 

Loading...

Menurutnya, pasar untuk tanaman yang satu ini sangat terbentang lebar. Sangat disayangkan jika masyarakat Riau harus membeli keluar daerah. Sedangkan Provinsi Riau juga memiliki potensi yang sangat besar dalam hal pertanian. 

"Kami harapkan Benai atau Kuansing dikenal dengan nama 'kampung pisang kepok'. Kalau bisa jadikan itu sebagai produk unggulan," pintanya.*